Doa Sesudah Buang Air Besar dan Artinya
Doa Sesudah Buang Air Besar dan Artinya

Doa Sesudah Buang Air Besar dan Artinya

Pengertian Doa Sesudah Buang Air Besar

Doa sesudah buang air besar adalah sebuah doa yang dilakukan setelah orang tersebut telah berhasil melakukan buang air besar. Doa ini dapat berupa doa yang dituliskan dalam Al-Qur’an ataupun doa yang diciptakan sendiri. Doa ini dapat berupa doa yang panjang dan singkat, tergantung keinginan orang yang melakukannya.

Keutamaan Doa Sesudah Buang Air Besar

Doa sesudah buang air besar memiliki beberapa keutamaan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Antaralain, sebagai berikut:

Pertama, doa sesudah buang air besar akan membuka pintu-pintu rezeki yang tidak disangka-sangka dan hal ini diperkuat dengan hadits dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Cukuplah untuk seseorang melakukan doa sebagai penutup setelah melakukan buang air besar adalah, ‘Ya Allah, aku meminta kepada-Mu kebaikan di dunia dan akhirat.”

Kedua, doa sesudah buang air besar akan menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dengan semakin seringnya berdoa kepada Allah, maka semakin banyak pula rasa syukur yang kita miliki. Hal ini diperkuat dengan hadist dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik doa adalah doa ketika seseorang baru saja selesai buang air besar.”

Ketiga, doa sesudah buang air besar akan menambah kedekatan kita dengan Allah. Dengan semakin seringnya kita melakukan doa, maka semakin dekatlah kita dengan Allah SWT. Hal ini diperkuat dengan hadits dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang selalu berdoa setelah buang air besar, maka akan selalu dekat dengan Allah.”

Doa Sesudah Buang Air Besar dan Artinya

Berikut adalah beberapa doa sesudah buang air besar dan artinya:

1. “La haula wala quwwata illa billah.” (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah).

2. “Subhanallahi wa bihamdihi.” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya).

3. “Subhanallah wa alhamdulillah wa la ilaha illallah.” (Maha Suci Allah, segala puji bagi-Nya dan tidak ada yang berhak disembah selain Allah).

4. “Astaghfirullah wa atubu ilaih.” (Aku memohon ampun kepada Allah dan aku bertaubat kepada-Nya).

5. “Allahumma a’inna ‘ala zikrika wa shukrika wa husni ‘ibadatika.” (Ya Allah, tolonglah kami untuk mengingat-Mu, bersyukur dan beribadah dengan baik kepada-Mu).

Tata Cara Doa Sesudah Buang Air Besar

Berikut adalah tata cara doa sesudah buang air besar:

1. Bersihkan diri dari najis. Ketika selesai buang air besar, seorang muslim harus segera bersihkan diri dari najis dan jangan lupa untuk berwudhu.

2. Baca doa sesudah buang air besar. Setelah bersih dari najis, seorang muslim harus segera membaca doa sesudah buang air besar.

3. Berdoa dengan penuh keyakinan. Ketika berdoa, seorang muslim harus berdoa dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT akan mendengarkan doanya dan mengabulkan doa tersebut.

Pentingnya Doa Sesudah Buang Air Besar

Doa sesudah buang air besar merupakan salah satu cara untuk berhubungan dengan Allah SWT. Dengan berdoa setelah buang air besar, seorang muslim akan merasakan kedekatan dengan Allah SWT. Selain itu, dengan berdoa sesudah buang air besar, maka Allah SWT akan membuka pintu-pintu rezeki yang belum disangka-sangka.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa doa sesudah buang air besar merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berdoa setelah buang air besar, seorang muslim akan merasakan kedekatan dengan Allah SWT dan Allah SWT akan membuka pintu-pintu rezeki yang belum disangka-sangka. Oleh karena itu, marilah kita selalu melakukan doa setelah melakukan buang air besar.