Doa Sesudah Adzan Beserta Artinya
Doa Sesudah Adzan Beserta Artinya

Doa Sesudah Adzan Beserta Artinya

Adzan atau azan adalah panggilan yang dibacakan oleh imam di masjid untuk mengumandangkan panggilan shalat. Adzan juga menjadi tanda untuk mempersiapkan diri untuk shalat. Setelah adzan, biasanya disyari’atkan untuk membaca sebuah doa yang disebut dengan doa sesudah adzan. Doa ini punya arti yang penting dan beragam manfaatnya bagi orang yang membacanya.

Doa sesudah adzan berasal dari hadits-hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Salah satu hadits yang berkenaan dengan doa ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang dikatakan (oleh muezzin) kemudian berkatalah, ‘Rabbanaa lakal-hamd (Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa Sesudah Adzan dan Artinya

Doa sesudah adzan adalah doa yang disebutkan sesudah mendengar adzan. Doa ini merupakan wujud kecintaan seseorang terhadap Allah SWT dan juga merupakan bentuk penghormatan dan penghambaan kepada-Nya. Berikut ini adalah doa sesudah adzan beserta artinya, yaitu:

“ Allahu Akbar (Allah Maha Besar)

Artinya: “Allah Maha Besar”

“ Ash-hadu an laa ilaaha illallah (Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah)

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah”

“ Ash-hadu anna Muhammadar-Rasulullah (Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah)

Artinya: “Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”

“ Hayya ‘ala as-shalah (Hai manusia, datanglah untuk shalat)

Artinya: “Hai manusia, datanglah untuk shalat”

“ Hayya ‘ala ‘l-falah (Hai manusia, datanglah untuk keselamatan)

Artinya: “Hai manusia, datanglah untuk keselamatan”

“ Allahu Akbar (Allah Maha Besar)

Artinya: “Allah Maha Besar”

“ Laa ilaaha illallahu (Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah)

Artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah.”

Manfaat Doa Sesudah Adzan

Doa sesudah adzan bukanlah sekadar perkataan tanpa makna. Tetapi, ada beberapa manfaat yang diperoleh dari doa tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, doa sesudah adzan merupakan wujud kecintaan seseorang terhadap Allah SWT. Dengan membaca doa sesudah adzan, seseorang akan semakin meningkatkan ketaatan dan taqarrub kepada Allah SWT.

Kedua, doa sesudah adzan juga merupakan bentuk penghormatan dan penghambaan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa sesudah adzan, seseorang akan semakin menghormati dan menghambakan diri kepada-Nya.

Ketiga, doa sesudah adzan juga merupakan bentuk pengakuan terhadap kebesaran Allah SWT. Dengan membaca doa sesudah adzan, seseorang akan semakin mengakui bahwa Allah SWT adalah Maha Besar dan Maha Kuasa.

Kesimpulan

Doa sesudah adzan adalah doa yang disebutkan sesudah mendengar adzan. Doa ini bermakna cinta kepada Allah SWT, penghormatan dan penghambaan kepada-Nya, serta pengakuan terhadap kebesaran-Nya. Doa sesudah adzan juga memiliki berbagai manfaat yang penting bagi orang yang membacanya.