Doa Selesai Sholat Witir dan Artinya
Doa Selesai Sholat Witir dan Artinya

Doa Selesai Sholat Witir dan Artinya

Sholat Witir adalah suatu sholat yang dilakukan setelah sholat Isya pada malam hari. Sholat Witir dilakukan dengan cara berdiri, ruku’ dan sujud. Sholat Witir adalah wajib bagi umat muslim yang ingin mendapatkan pahala di sisi Allah Swt. Sholat Witir dapat dilakukan secara berjamaah di masjid, maupun secara mandiri di rumah. Namun, tidak ada kewajiban bagi umat muslim untuk melakukannya bersama.

Bagi umat muslim yang sudah melakukan sholat Witir, tentu saja mereka akan ingin menyelesaikan sholatnya dengan membaca doa selesai sholat Witir. Doa selesai sholat Witir adalah doa yang dibaca setelah sholat Witir selesai dilaksanakan. Doa selesai sholat Witir bisa dilakukan secara bersama-sama, maupun secara individu.

Doa selesai sholat Witir yang biasa dibaca adalah: “Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu” yang berarti “Ya Allah, saya menyampaikan sholat kepada-Mu dan telah beristighfar kepada-Mu”. Doa selesai sholat Witir ini dapat dibaca baik oleh satu orang saja, maupun oleh seluruh jama’ah yang melaksanakan sholat Witir bersama.

Selain itu, ada juga doa selesai sholat Witir lainnya yang bisa dibaca, yaitu: “Allahumma inni as-aluka min fadhlik” yang berarti “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan kemurahan-Mu”. Doa selesai sholat Witir ini juga bisa dibaca oleh satu orang saja, maupun oleh seluruh jama’ah yang melaksanakan sholat Witir bersama.

Selain itu, ada juga doa selesai sholat Witir lainnya yang bisa dibaca, yaitu: “Allahumma inni as- aluka min fadhlik, wa atimu alaika shalawatika, wa as-aluka bi rahmatika al-ladzii anzalta alayka al-Quran”. Doa ini berarti “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan kemurahan-Mu, aku mengucapkan salawat kepada-Mu dan aku memohon dengan rahmat-Mu yang telah Engkau turunkan Al-Quran kepada-Mu”.

Doa selesai sholat Witir ini pun bisa dibaca oleh satu orang saja, maupun oleh seluruh jama’ah yang melaksanakan sholat Witir bersama. Doa selesai sholat Witir ini mengandung doa untuk beristighfar kepada Allah Swt, mengucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW, dan memohon kepada Allah Swt dengan kemurahan-Nya.

Selain itu, ada juga doa selesai sholat Witir lainnya yang bisa dibaca, yaitu: “Allahumma inni as-aluka bismillahi wa bi rahmatika al-ladzii anzalta alayka al-Quran”. Doa ini berarti “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan nama-Mu dan dengan rahmat-Mu yang telah Engkau turunkan Al-Quran kepada-Mu”. Doa selesai sholat Witir ini mengandung doa untuk beristighfar kepada Allah Swt dan memohon kepada Allah Swt dengan nama-Nya.

Doa selesai sholat Witir ini pun bisa dibaca oleh satu orang saja, maupun oleh seluruh jama’ah yang melaksanakan sholat Witir bersama. Dengan membaca doa selesai sholat Witir, maka umat muslim akan mendapatkan pahala dari Allah Swt dan melengkapi ibadah sholat mereka.

Kesimpulan

Doa selesai sholat Witir ialah doa yang biasa dibaca oleh umat muslim setelah menyelesaikan sholat Witir. Doa selesai sholat Witir yang terkenal ialah “Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu”, “Allahumma inni as-aluka min fadhlik”, “Allahumma inni as-aluka bismillahi wa bi rahmatika al-ladzii anzalta alayka al-Quran”. Dengan membaca doa selesai sholat Witir, maka umat muslim akan mendapatkan pahala dari Allah Swt dan melengkapi ibadah sholat mereka.