Doa Selesai Sholat Dhuha dan Artinya
Doa Selesai Sholat Dhuha dan Artinya

Doa Selesai Sholat Dhuha dan Artinya

Sholat dhuha adalah sholat yang dikerjakan pada pagi hari, tepatnya setelah terbitnya matahari sejauh panjang jari. Sholat dhuha merupakan salah satu rukun Islam yang hukumnya wajib bagi umat muslim. Sholat dhuha dikerjakan dengan melakukan 2 rakaat. Setelah sholat dhuha selesai, kita biasanya melakukan doa selesai sholat dhuha. Doa sholat dhuha ini adalah doa yang dapat menambah kekuatan iman dan menambahkan rahmat Allah swt.

Doa selesai sholat dhuha yang biasa dibaca oleh umat muslim adalah sebagai berikut:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annee”

Arti Doa Selesai Sholat Dhuha

Doa ini memiliki arti “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyayangi, maka ampunilah aku”. Doa ini disebut juga sebagai doa taubat dan maaf. Kita berharap dengan membaca doa ini, semua dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan dapat diampuni oleh Allah swt.

Selain itu, doa selesai sholat dhuha juga berguna untuk meminta berkah dan menambah kekuatan iman. Dengan membaca doa ini, kita dapat mencapai keselamatan dan keberkahan di dunia dan akhirat. Dengan doa ini pula, kita dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Keutamaan Doa Selesai Sholat Dhuha

Keutamaan dari doa selesai sholat dhuha adalah sebagai berikut:

1. Doa ini dapat membantu kita menjadi lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah swt. Dengan membaca doa ini, kita akan semakin meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah swt.

2. Doa ini juga dapat memberikan kita ketenangan dan kekuatan. Dengan doa ini, kita dapat meraih kebahagiaan batin dan kesejahteraan di dunia dan akhirat.

3. Doa ini dapat membantu kita mencapai keberkahan dan keselamatan. Dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan keberkahan dan keselamatan dari Allah swt. di dunia dan akhirat.

Niat Sholat Dhuha dan Doa Selesai Sholat Dhuha

Untuk melakukan sholat dhuha dan membaca doa selesai sholat dhuha, kita perlu melakukan niat terlebih dahulu. Niat sholat dhuha adalah sebagai berikut:

“Nawaitu Sholat Dhuhaini Sunnatan Li Fadhli Rabbi Wa Rahmati”

Artinya: “Aku niat melakukan sholat dhuha sebagai sunnah untuk mendapatkan keutamaan dan rahmat dari Tuhanku”.

Hukum Membaca Doa Selesai Sholat Dhuha

Hukum membaca doa selesai sholat dhuha adalah sunnah. Walaupun hukumnya sunnah, membaca doa ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini karena dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan berbagai macam keutamaan dan keberkahan dari Allah swt.

Kesimpulan

Doa selesai sholat dhuha merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim. Doa ini berguna untuk meminta berkah, menambah kekuatan iman, dan memohon ampunan dari Allah swt. Hukum dari membaca doa ini adalah sunnah, namun membaca doa ini sangat dianjurkan untuk dilakukan.