Doa Selesai Baca Quran dan Artinya
Doa Selesai Baca Quran dan Artinya

Doa Selesai Baca Quran dan Artinya

Setiap muslim yang mengamalkan agama Islam tentunya tidak luput dari rutinitas membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika membaca Al-Quran, di antaranya adalah mendapatkan pahala, menerima nikmat dari Allah SWT, serta mendapatkan petunjuk dari Al-Quran.

Apabila kita telah selesai membaca Al-Quran, maka hal yang harus kita lakukan adalah berdoa. Berdoa merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Doa ini biasanya diucapkan pada saat kita selesai membaca Al-Quran. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar apa yang telah kita baca bisa bermanfaat bagi kita. Berikut adalah beberapa doa yang dapat kita ucapkan setelah selesai membaca Al-Quran.

Doa Selesai Baca Al-Quran dan Artinya

Doa pertama yang bisa kita ucapkan adalah doa berikut ini: “Ya Allah, jadikanlah Al-Quran ini sebagai cahaya bagi hati kami, sebagai berkah dan pemeliharaan bagi kami, sebagai penawar bagi kesedihan kami, dan sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil”. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah Al-Quran ini sebagai cahaya hati kami, memberi kami berkah dan pemeliharaan, menghilangkan kesedihan kami, dan membedakan antara yang hak dan yang batil”.

Doa kedua yang bisa kita ucapkan adalah doa berikut ini: “Ya Allah, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, ridhai urusan kami, peliharalah kami dari azab-Mu dan jadikanlah Al-Quran sebagai penolong dan pemberi petunjuk bagi kami”. Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan kepada kami di dunia dan di akhirat, ridhai urusan kami, peliharalah kami dari azab-Mu dan jadikanlah Al-Quran sebagai penolong dan pemberi petunjuk bagi kami”.

Doa ketiga yang bisa kita ucapkan adalah doa berikut ini: “Ya Allah, berkatilah kami dengan Al-Quran, jadikanlah Al-Quran sebagai teman dan penasihat bagi kami, janganlah Engkau biarkan kami sesat dari petunjuk-Mu, dan jadikanlah Al-Quran sebagai cahaya yang menerangi langkah kami”. Artinya: “Ya Allah, berkatilah kami dengan Al-Quran, jadikanlah Al-Quran sebagai teman dan penasihat bagi kami, janganlah Engkau biarkan kami sesat dari petunjuk-Mu, dan jadikanlah Al-Quran sebagai cahaya yang menerangi langkah kami”.

Doa keempat yang bisa kita ucapkan adalah doa berikut ini: “Ya Allah, jadikanlah Al-Quran sebagai pemberi petunjuk kami, jadikanlah Al-Quran pegangan kami, jadikanlah Al-Quran sebagai penerang jalan kami, jadikanlah Al-Quran sebagai penerang hati kami, jadikanlah Al-Quran sebagai penerang hati kami, jadikanlah Al-Quran sebagai penebus dosa-dosa kami, jadikanlah Al-Quran sebagai pemberi berkah bagi kami, jadikanlah Al-Quran sebagai perisai bagi kami”. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah Al-Quran sebagai pemberi petunjuk kami, pegangan kami, penerang jalan kami, penerang hati kami, penebus dosa-dosa kami, pemberi berkah bagi kami, dan perisai bagi kami”.

Doa kelima yang bisa kita ucapkan adalah doa berikut ini: “Ya Allah, janganlah Engkau biarkan kami berputus asa dari rahmat-Mu, janganlah Engkau biarkan kami sesat dari petunjuk-Mu, jadikanlah Al-Quran sebagai penolong kami dan pemberi petunjuk kami, jadikanlah Al-Quran sebagai pemberi rahmat dan berkah bagi kami, jadikanlah Al-Quran sebagai penebus dosa-dosa kami”. Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau biarkan kami berputus asa dari rahmat-Mu, janganlah Engkau biarkan kami sesat dari petunjuk-Mu, jadikanlah Al-Quran sebagai penolong dan pemberi petunjuk kami, jadikanlah Al-Quran sebagai pemberi rahmat dan berkah bagi kami, jadikanlah Al-Quran sebagai penebus dosa-dosa kami”.

Manfaat Membaca Doa Selesai Baca Al-Quran

Membaca doa setelah selesai membaca Al-Quran memiliki manfaat yang sangat besar bagi setiap orang yang melakukannya. Manfaat ini antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama, doa yang kita baca setelah selesai membaca Al-Quran merupakan cara untuk berterima kasih pada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Dengan berdoa, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

Kedua, doa yang kita baca setelah selesai membaca Al-Quran juga akan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Hal ini karena dengan berdoa, kita akan mengakui bahwa Allah SWT merupakan Tuhan yang Maha Kuasa yang mampu memberikan segala hal yang kita minta.

Ketiga, doa yang kita baca setelah selesai membaca Al-Quran juga akan membantu kita untuk lebih menghayati dan memahami Al-Quran. Hal ini karena dengan berdoa, kita akan lebih memahami makna dari ayat-ayat Al-Quran yang telah kita baca.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa membaca doa setelah selesai membaca Al-Quran merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Dengan membaca doa ini