Doa Selamat Dunia Akhirat Beserta Artinya yang Lengkap
Doa Selamat Dunia Akhirat Beserta Artinya yang Lengkap

Doa Selamat Dunia Akhirat Beserta Artinya yang Lengkap

Doa selamat dunia akhirat menjadi salah satu doa yang mujarab dan bisa kamu lantunkan untuk mengharapkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Apakah kamu mengucapkan doa tersebut sehabis sholat?

Doa yang senantiasa dipanjatkan kepada Allah yang Maha Kuasa pasti akan memberikan ketenangan bagi hati kita semua. Sebagai mahkluk Allah, kita hanya bisa meminta dan berusaha untuk menjalankan kehidupan di dunia ini dengan sebaik-baiknya.

Doa Selamat untuk Keluarga

Doa seseorang yang dipanjatkan kepada Allah SWT ada yang langsung dikabulkan dan ada pula yang tidak. Sebagai Seorang hamba yang beriman kepada Allah, kita wajib untuk senantiasa mendekatkan diri pada Rabb.

Keluarga juga menjadi salah satu yang terdekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Maka, selain Doa selamat dunia akhirat kita juga bisa memanjatkan doa untuk keselamatan keluarga tercinta. Doa pertama kali untuk memanjatkan keselamatan bagi keluarga adalah sebagai berikut.

جِّنِى وَأَهْلِى مِمَّا يَعْمَلُونَ

Doa tersebut mengandung arti untuk meminta keselamatan diri sekaligus keluarga terhadap perbuatan yang dikerjakan. Ini merupakan salah satu firman Allah SWT dalam Quran Surat Asy Syu’ara ayat 169

Sedangkan untuk doa lain yang bermaksud memanjatkan dan memohon kebaikan untuk kebaikan diri dan keselamatan keluarga juga diabadikan dalam Al Quran. Doa tersebut berbunyi demikian.

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Doa ini mengandung arti meminta kepada Allah untuk menjadikan kit adan anak cucu menjadi orang-orang yang ahli dalam mendirikan sholat dan semoga Allah senantiasa mengabulkan permintaan kita.

Doa tersebut juga masuk dalam firman Allah dalam Quran Surat Ibrahim ayat 40. Setiap orang memang wajib berdoa untuk memanjatkan keselamatan diri serta bagi keluarga tercintanya di rumah. Ini juga akan mendekatkan diri kepada Allah.

Doa Dihindarkan dari Adzab Neraka

Selain memanjatkan Doa selamat dunia akhirat kita juga bisa meminta perlindungan untuk dihindarkan dari adzab neraka. Neraka merupakan tempat bagi orang yang memiliki banyak dosa di akhirat kelak.

Neraka sendiri telah digambarkan sebagai tempat yang sangat menyiksa. Itulah mengapa kamu bisa senantiasa melantunkan Doa selamat dunia akhirat untuk terhindar dari siksa api neraka yang pedih.

Hal ini tentu saja harus diiringi dengan perbuatan yang baik dan benar selama menjalani kehidupan di dunia. Azab neraka yang pedih sudah pasti disediakan oleh Allah bagi hambanya yang tidak patuh terhadap perintah Allah

Hal ini sesuai dengan Firman Allah dalam Surat At Taubah ayat 101. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Allah akan memberikan menyiksa dan memberikan azab yang besar untuk orang orang Arab Badui yang munafik.

Maka, jelas sudah jika siksa yang diberikan Allah SWT sudah pasti ada. Doa selamat dunia akhirat akan menjadi benteng pertahanan diri untuk senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan dari Allah SWT.

Untuk meminta belas dan kasih sayang Allah agar terhindar dari siksa neraka, kamu bisa memanjatkan Doa selamat dunia akhirat serta doa untuk terhindar dari Azab neraka berikut ini.

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا

Doa ini mengandung arti memanjatkan doa untuk meminta kebaikan di dunia dan di akhirat, serta memohon agr terlindung dari api neraka yang pedih. Siksa neraka memang benar adanya. Maka, agar terhindar kita wajib melakukan kebaikan untuk mendapatkan kebaikan pula di akhirat.

Doa Selamat Dunia Akhirat

Untuk memanjatkan doa keselamatan di dunia dan di akhirat, kamu harus melantunkannya dengan penuh keikhlasan. Dekatkan diri kepada Allah SWT ketika memanjatkan doa ini sehingga kamu benar-benar akan tersentuh untuk senantiasa patuh kepada Allah.

Mengapa sebagai manusia kamu harus memanjatkan Doa selamat dunia akhirat ? Hal tersebut dikarenakan kita  mahkluk Allah SWT dipastikan akan mati dan kembali kepada Allah Dan waktu tersebut belum bisa dipastikan.

Kamu sendiri tidak akan tahu kapan kematian akan segera menjemput. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar bekal yang dipersiapkan nantinya akan cukup untuk berada di alam akhirat.

Meminta perlindungan dengan melantunkan Doa selamat dunia akhirat akan menjadi tameng bagi kamu untuk bisa selamat dari siksa Allah Dan neraka. Neraka merupakan tempat yang pasti untuk kembali bagi orang-orang yang tidak patuh pada perintah Allah.

Untuk doa memohon keselamatan di dunia dan di akhirat sendiri ada versi panjang dan pendeknya. Kamu dapat memilih keduanya untuk dipanjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Semesta Alam.

اَللّٰهُمَّاِنَّانَسْئَلُكَسَلَامَةًفِىالدِّيْنِ،وَعَافِيَةًفِىالْجَسَدِوَزِيَادَةًفِىالْعِلْمِوَبَرَكَةًفِىالرِّزْقِوَتَوْبَةَقَبْلَالْمَوْتِوَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِوَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّهَوِّنْعَلَيْنَافِيْسَكَرَاتِالْمَوْتِ،وَنَجَاةًمِنَالنَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Untuk versi panjangnya ini mengandung arti bahwa kita sebagai mahkluk Allah memohon keselamatan beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, rezeki, serta tobat sebelum maut, rahmat saat maut, dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT setelah maut menjemput.

Doa ini juga mengandung arti memohon kemudahan dalam menghadapi sakaratul maut, memohon keselamatan dari siksa neraka dan ketika dihisab. Bagaimanapun juga, setiap orang pasti akan mengalami mati, dan sakaratul maut begitu menyakitkan untuk orang-orang yang tidak patuh.

Doa selamat dunia akhirat berikutnya yang bisa kamu panjatkan adalah :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Doa ini mengandung arti memohon kesejahteraan kepada Allah dan agar dimasukkan dalam surge sebagai kampong kesejahteraan. Sudah pasti, kesejahteraan akhirat pastinya ingin didapatkan oleh semua orang.

Doa Meminta Selamat Dari Penyakit

Sebagai manusia yang hidup di dunia, pasti sudah pernah menghadapi yang namanya sehat dan sakit. Kesehatan dan sakit merupakan salah satu ujian dari Allah SWT dan pastinya harus dihadapi dengan sebaik-baiknya.

Jadi, selain memanjatkan doa selamat dunia akhirat, kamu dapat memanjatkan doa untuk meminta keselamatan dari penyakit. Kamu dapat meminta kepada Allah untuk memohon kesembuhan atau dihindarkan dari penyakit dengan doa di bawah ini.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Doa ini mengandung arti memohon kepada Allah SWT untuk menghilangkan penyakit dan memohon kesembuhan kepada Allah yang Maha Penyembuh. Memang benar, tiada Dzat lain yang bisa menyembuhkan diri kita dari sakit kecuali Allah SWT.

Selain memanjatkan doa di atas, kamu juga bisa memohon kesembuhan dari penyakit dengan melantunkan doa di bawah ini.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Doa ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW yang berarti memohon perlindungan dan memohon hilangnya penyakit yang diberikan oleh Allah SWT. Doa dengan makna yang indah ini sudah sepatutnya menjadi perhatian bagi kamu semua.

Doa selamat dunia akhirat serta menghindarkan diri dari penyakit akan menjadi hal yang membuat diri kita dijauhkan dari segala macam penyakit. Tak ubahnya, seseorang tiba-tiba sakit karena merupakan ujian dari Allah SWT.

Doa Selamat dari Iman Keteguhan Iman

Kamu bisa memanjatkan doa selamat dunia akhirat serta memohon keteguhan iman. Iman merupakan benteng dari setiap hamba untuk dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik. Iman seorang hamba tidak bisa diperjualbelikan dengan berbagai macam hal.

Terkadang, iman dalam hati seseorang mudah luntur karena berbagai macam gangguan dari sekitar. Itulah mengapa setiap orang harus menjaga dirinya dari berbagai macam godaan dengan sebaik-baiknya.

Membentengi diri dengan iman merupakan salah satu hal yang akan senantiasa membuat kamu menjadi lurus dalam menjalani kehidupan. Selain memanjatkan doa selamat dunia akhirat, kamu juga bisa memohon untuk diteguhkan imannya.

Ada berbagai macam doa yang bisa kamu panjatkan untuk senantiasa mendapatkan keteguhan iman.

يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك على ديبك

Doa di atas mengandung arti untuk memohon kepada Allah SWT yang maha membolak balikan hati agar senantiasa meneguhkan hatinya di atas agama Allah. Ini akan membuat kamu merasa lebih teguh imannya.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Untuk doa yang satu ini mengandung arti untuk memohon kepada Allah agar tidak mencondongkan hati pada kesesatan dan mengharapkan karunia serta rahmat dari Allah yang Maha Pemberi.

Selain doa selamat dunia akhirat kamu memang harus senantiasa meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Sebagai mahkluk Allah, kita harus senantiasa bertakwa kepada Allah untuk mendapatkan keselamatan nanti di akhirat.

Ulasan Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa merupakan permintaan yang dipanjatkan kepada Allah. Ini juga bisa disebut dengan permohonan. Dengan berdoa, kita akan menyerahkan diri kepada Allah SWT agar dihindarkan dari hal-hal buruk.

Doa yang dipanjatkan kepada Tuhan Semesta Alam, Allah SWT tentunya akan menambah keimanan kepada Allah. Maka dari itu, sering-seringlah untuk meminta pertolongan dan ampunan kepada Allah SWT.

Dalam berdoa ada waktu-waktu tertentu yang mustajab. Ini merupakan waktu dimana doa akan mudah dikabulkan oleh Allah. Orang yang tidak pernah berdoa dikatakan sebagai orang yang sombong karena meragukan kekuatan dari Allah SWT.

Maka, kita harus senantiasa memanjatkan doa selamat dunia akhirat  agar mendapatkan perlindungan. Setiap umat islam yang taat beribadah dan berdoa menginginkan agar dirinya mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Dalam menjalankan kehidupan di dunia, tentunya kita memiliki amalan-amalan tertentu agar bisa menjalankan kehidupan lebih baik lagi. Maka, kamu bisa menuntun diri kamu untuk senantiasa melakukan kebaikan selama menjalankan kehidupan di dunia.

Ada berbagai macam doa keselamatan yang bisa kamu panjatkan mulai dari doa sapu jagad seperti di bawah ini.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Doa ini adalah doa yang sering kita dengar dan dibacakan setiap harinya. Doa ini bisa kamu panjatkan seusai melaksanakan sholat. Ini mengandung arti untuk memberikan kita keselamatan di dunia dan di akhirat.

Kamu juga memanjatkan doa lain untuk terlindung dari godaan setan yang terkutuk. Setan merupakan salah satu musuh manusia yang paling besar. Kamu harus senantiasa berlindung dari Allah agar terhindar dari godaan setan.

Nah, berlindunglah kepada Allah SWT Tuhan Semesta alam dengan senantiasa memanjatkan doa. Doa yang kamu panjatkan akan menjadi benteng pertahanan untuk dirimu sendiri. Panjatkanlah doa selamat dunia akhirat  agar senantiasa mendapatkan keselamatan.