Doa Sehari Hari Islam dan Artinya
Doa Sehari Hari Islam dan Artinya

Doa Sehari Hari Islam dan Artinya

Doa adalah suatu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Doa merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur dan kerendahan hati kepada Allah SWT. Umat Islam dianjurkan untuk mengucapkan doa sehari-hari agar mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT. Di bawah ini adalah beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap hari.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan adalah doa yang dianjurkan untuk diucapkan sebelum makan. Doa ini berbunyi: “بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ” yang artinya adalah: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, berkahilah kami dalam apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa neraka”. Doa ini diucapkan sebelum dan sesudah makan agar mendapatkan berkah dan keselamatan dari Allah SWT.

Doa Sesudah Makan

Doa sesudah makan adalah doa yang dianjurkan untuk diucapkan setelah makan. Doa ini berbunyi: “الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ نَزَّلَ الْغَذَاءَ عَلَيْنَا وَسَقَانَاهُ وَأَطْعَمَنَا وَسَكَنَا فِيْهِ” yang artinya adalah: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan kepada kami, mencurahkan minumannya dan memberi kami makanan serta tempat tinggal”. Doa ini diucapkan sesudah makan agar mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur adalah doa yang dianjurkan untuk diucapkan sebelum tidur. Doa ini berbunyi: “اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ أَنْ تَغْفِرَ لِيْ وَتَبَارَكَ لِيْ وَتُجِبَ لِيْ دَعْوَتِيْ وَتَرْحَمَنِيْ” yang artinya adalah: “Ya Allah, Tuhan yang memiliki tujuh langit dan Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung, aku mohon kepada-Mu dari karunia-Mu yang agung, agar Engkau memberi ampun kepadaku, memberkahi aku, mengabulkan doaku dan memberi rahmat kepadaku”. Doa ini diucapkan sebelum tidur agar mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur adalah doa yang dianjurkan untuk diucapkan setelah bangun tidur. Doa ini berbunyi: “الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَحْيَانِيْ بَعْدَ مَا أَمَاتَنِيْ وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ” yang artinya adalah: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan aku setelah aku mati dan kepada-Nyalah aku kembali”. Doa ini diucapkan setelah bangun tidur agar mendapatkan pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT.

Doa Masuk Masjid

Doa masuk masjid adalah doa yang dianjurkan untuk diucapkan saat memasuki masjid. Doa ini berbunyi: “اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ” yang artinya adalah: “Ya Allah, Engkaulah keselamatan dan dari-Mu datanglah keselamatan. Maha suci Engkau ya Dzat yang Memiliki kemuliaan dan kehormatan”. Doa ini diucapkan saat memasuki masjid agar mendapatkan berkah dan kemuliaan dari Allah SWT.

Doa Keluar Masjid

Doa keluar masjid adalah doa yang dianjurkan untuk diucapkan saat keluar dari masjid. Doa ini berbunyi: “اللَّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ” yang artinya adalah: “Ya Allah, bantulah kami untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah kepada-Mu dengan baik”. Doa ini diucapkan saat keluar masjid agar mendapatkan bantuan dan kemudahan dari Allah SWT.

Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah adalah doa yang dianjurkan untuk diucapkan saat memasuki rumah. Doa ini berbunyi: “بِسْمِ اللهِ وَلِجَنَّتِهِ أَسْتَخِرْ رَحْمَةَ اللهِ وَ عَزِيزِهِ” yang artinya adalah: “Dengan nama Allah dan dengan berkat-Nya. Aku mohon rahmat Allah dan kekuasaan-