Doa Sehari-Hari dan Artinya
Doa Sehari-Hari dan Artinya

Doa Sehari-Hari dan Artinya

Doa adalah suatu bentuk ibadah yang dilakukan umat muslim. Dengan doa, kita bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan dan kebaikan-Nya. Salah satu bentuk doa yang banyak dilakukan adalah doa sehari-hari. Doa-doa tersebut biasanya dilakukan pada saat-saat tertentu, seperti pada saat bangun tidur, sebelum makan, sebelum dan sesudah shalat, dan lain sebagainya.

Apa Itu Doa Sehari-Hari?

Doa sehari-hari adalah doa-doa yang dibaca pada saat-saat tertentu dalam sehari. Doa-doa tersebut dirangkai dari beberapa ayat Al Quran dan juga doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa sehari-hari bertujuan untuk meminta perlindungan, berkat dan rahmat dari Allah SWT, agar setiap kegiatan yang kita lakukan selalu dalam lindungan-Nya.

Doa-Doa Sehari-Hari dan Artinya

Berikut ini adalah beberapa doa sehari-hari dan artinya:

1. Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur adalah doa yang sering dilakukan setiap orang yang baru saja bangun tidur. Doa bangun tidur adalah berikut ini:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي

Artinya: “Kami telah bangun dan kerajaan hanya milik Allah. Segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. Aku memohon kepada Allah untuk keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku.”

2. Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah adalah doa yang dilakukan setiap orang yang baru saja memasuki rumah. Doa masuk rumah adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَآ تَوَكَّلْنَا

Artinya: “Dengan nama Allah kami masuk, dan dengan nama Allah kami keluar. Dan hanya kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal.”

3. Doa Makan

Doa makan adalah doa yang dilakukan sebelum makan. Doa makan adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: “Dengan nama Allah yang bila disebut, tidak ada sesuatu pun yang tidak bermanfaat baik di bumi maupun di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

4. Doa Sebelum dan Sesudah Shalat

Doa sebelum dan sesudah shalat adalah doa yang dilakukan sebelum dan sesudah melakukan shalat. Doa-doa tersebut adalah sebagai berikut:

A. Doa Sebelum Shalat

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.”

B. Doa Sesudah Shalat

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي قَضَى عَلَيْنَا الصَّلَاةَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي سَلَّمَنَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah mewajibkan shalat bagi kita. Dan segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kita dari setan yang terkutuk.”

5. Doa Memohon Keberkahan

Doa memohon keberkahan adalah doa yang dilakukan untuk memohon keberkahan dalam segala hal. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

Kesimpulan

Doa adalah salah satu bentuk ibadah umat muslim yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Doa sehari-hari adalah doa-doa yang banyak dilakukan oleh umat muslim pada saat-saat tertentu sepanjang hari. Doa-doa tersebut berasal dari Al Quran dan juga doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca doa sehari-hari, kita b