Doa Sehari Hari Beserta Artinya
Doa Sehari Hari Beserta Artinya

Doa Sehari Hari Beserta Artinya

Doa sehari-hari adalah berbagai macam doa yang biasa kita ucapkan setiap harinya. Biasanya doa ini kita ucapkan di waktu tertentu, seperti sebelum dan sesudah makan, sebelum tidur, dan lain sebagainya. Doa sehari-hari ini juga banyak disebut oleh orang-orang ketika melakukan suatu kegiatan, seperti shalat, misalnya. Doa sehari-hari ini tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan kita di dunia saja, tapi juga akan bermanfaat di akhirat nanti. Berikut adalah beberapa doa sehari-hari beserta artinya.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan adalah doa yang biasa kita ucapkan sebelum kita mulai makan. Doa yang biasa kita ucapkan ini berasal dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya sebagai berikut:

“Barangsiapa yang tidak membaca doa ketika makan maka ia tidak termasuk golongan orang-orang yang berbakti kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Doa yang harus kita ucapkan ketika makan adalah sebagai berikut:

“بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اللهُـمَّـ بَارِكْ لَـنَا فِيْمَا رَزَقْـتَنَا وَقِـنَا عَذَابَ النَّارِ”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

Doa Sesudah Makan

Selain doa sebelum makan, kita juga harus mengucapkan doa sesudah makan. Doa ini berasal dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya sebagai berikut:

“Barangsiapa yang membaca doa setelah makan maka ia memiliki keutamaan di sisi Allah.”

Doa yang harus kita ucapkan sesudah makan adalah sebagai berikut:

“الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan memberi minum kami, serta menjadikan kami termasuk orang-orang yang beriman.”

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

Selain doa sebelum dan sesudah makan, kita juga harus mengucapkan doa sebelum dan sesudah tidur. Doa sebelum tidur adalah sebagai berikut:

“اللهُـمَّ بِاسْـمِكَ أَمُوْتُ وَأَحْيَا”

Artinya: “Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan hidup.”

Doa sesudah tidur adalah sebagai berikut:

“الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi hidup kepada kami sesudah yang telah mematikan kami dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Doa Ketika Masuk dan Keluar Rumah

Selain itu, kita juga harus mengucapkan doa ketika masuk dan keluar rumah. Doa masuk rumah adalah sebagai berikut:

“بِسْمِ اللهِ وَالصَّلاةُ وَالسَّلامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا”

Artinya: “Dengan nama Allah, salam dan shalawat kepada Rasulullah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkan setan dari rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami.”

Doa keluar rumah adalah sebagai berikut:

“بِسْمِ اللهِ وَالصَّلاةُ وَالسَّلامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْ لَمْ يَهْدِنَا اللَّهُ لَنَسْتَغْفِرَ لَهُ وَلَنْتُوْبَ إِلَيْهِ”

Artinya: “Dengan nama Allah, salam dan shalawat kepada Rasulullah. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu keutamaan-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepada kami. Kami tidak akan dapat memberi petunjuk kecuali dengan pertolongan Allah. Kami memohon ampunan kepada-Nya dan bertaubat kepada-Nya.”

Doa Ketika Hujan

Selain itu, kita juga harus men