Doa Sehari-hari Bahasa Arab dan Artinya
Doa Sehari-hari Bahasa Arab dan Artinya

Doa Sehari-hari Bahasa Arab dan Artinya

Doa merupakan salah satu kata yang sering kali diucapkan oleh umat muslim dari segala usia. Doa merupakan kegiatan yang membuat kita akan lebih dekat dengan Allah SWT. Selain itu, doa juga bisa menjadi penyemangat dan motivasi untuk memperlancar lancarnya segala aktivitas kita. Salah satu doa yang dibaca setiap hari adalah doa sehari-hari dalam bahasa arab. Doa ini menjadi salah satu doa yang dibaca setiap hari agar dapat menyelaraskan diri dengan Allah SWT. Dibawah ini adalah beberapa doa sehari-hari bahasa arab dan artinya.

Doa Bangun Tidur

Doa yang dibaca ketika sudah bangun dari tidur, yaitu:الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kita setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya-lah kami dikembalikan.” (HR. Muslim).

Doa Masuk Rumah

Doa yang dibaca ketika memasuki rumah, yaitu: بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا ، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا. Artinya: “Dengan nama Allah kami masuk, dan dengan nama Allah kami keluar, dan kepada Allah Tuhan kami bertawakkal.” (HR. Muslim).

Doa Makan dan Minum

Doa yang dibaca ketika makan dan minum, yaitu: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kita dan minum kita, dan menjadikan kita di antara orang-orang yang beriman.” (HR. Muslim).

Doa Selesai Makan

Doa yang dibaca setelah selesai makan, yaitu: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الشَّاكِرِينَ. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kita dan minum kita, dan menjadikan kita di antara orang-orang yang bersyukur.” (HR. Muslim).

Doa Masuk WC

Doa yang dibaca ketika memasuki WC, yaitu: بِسْمِ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ. Artinya: “Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa Keluar WC

Doa yang dibaca ketika keluar dari WC, yaitu: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dariku dan menyehatkan aku.” (HR. Muslim).

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Doa yang dibaca ketika masuk dan keluar Masjid, yaitu: أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk, dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.” (HR. Muslim).

Doa Masuk dan Keluar Rumah

Doa yang dibaca ketika masuk dan keluar rumah, yaitu: بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا. Artinya: “Dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar, dan kepada Allah Tuhan kami bertawakkal.” (HR. Muslim).

Doa Sebelum Tidur

Doa yang dibaca sebelum tidur, yaitu: اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَمُوتُ وَأَحْيَا. Artinya: “Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan dengan nama-Mu aku hidup.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kesimpulan

Doa sehari-hari dalam bahasa arab adalah salah satu cara untuk menghubungkan diri dengan Allah SWT. Selain itu, doa juga dapat menjadi penyemangat dan motivasi untuk memperlancar lancarnya segala aktivitas kita. Ada banyak sekali doa sehari-