Doa Sehabis Makan dan Artinya
Doa Sehabis Makan dan Artinya

Doa Sehabis Makan dan Artinya

Sebagai seorang muslim, kita harus bersyukur dan mengucapkan doa setiap kali kita makan. Doa sehabis makan adalah salah satu bentuk syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Doa sehabis makan juga terdapat dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasulullah SAW. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Doa Sehabis Makan yang Diketahui Umum

Doa sehabis makan yang diketahui umum adalah doa berikut: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ (Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang). Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabat-sahabatnya. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang makan maka hendaknya ia mengucapkan: Bismillah”. Ucapan ini dapat ditemukan dalam Al-Qur’an Surah An-Naml ayat 61.

Doa Sehabis Makan yang Lain

Selain doa di atas, ada juga doa lain yang biasa digunakan orang untuk mengucapkan sehabis makan. Doa yang biasanya dikatakan adalah: ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ (Hilanglah haus, terserahlah urat-urat (pembuluh darah) dan tetaplah balasan (pahala) jika Allah menghendaki). Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabat-sahabatnya. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang makan maka hendaknya ia mengucapkan: Zuhdul Zama’ wa Battalatil ‘Uruq wa Thabatul Ajru insya Allah”.

Doa Sehabis Makan untuk Anak-Anak

Untuk anak-anak, Rasulullah SAW juga mengajarkan doa sehabis makan. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada anak-anaknya adalah: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ (Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan (rejeki) dan minuman kepada kita dan telah menjadikan kita sebagai orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya)). Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada anak-anaknya, Hasan dan Husain. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa yang makan maka hendaknya ia mengucapkan: Alhamdulillahil ladzi ath’amana wa saqana wa ja’alana minal muslimin”.

Arti Doa Sehabis Makan

Doa sehabis makan yang diketahui umum memiliki arti sebagai berikut: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Doa ini mengandung makna bahwa kita mengharapkan keberkahan Allah SWT setiap kali kita makan. Doa sehabis makan yang lain memiliki arti sebagai berikut: “Hilanglah haus, terserahlah urat-urat (pembuluh darah) dan tetaplah balasan (pahala) jika Allah menghendaki”. Doa ini mengandung makna bahwa kita harapkan untuk mendapatkan pahala dan keberkahan Allah SWT setiap kali kita makan.

Doa Sehabis Makan untuk Anak-Anak

Doa sehabis makan untuk anak-anak memiliki arti sebagai berikut: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan (rejeki) dan minuman kepada kita dan telah menjadikan kita sebagai orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya)”. Doa ini mengandung makna bahwa kita harapkan untuk mendapatkan keberkahan dan kesejahteraan dari Allah SWT setiap kali kita makan.

Kesimpulan

Doa sehabis makan merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Doa ini biasa dikatakan oleh orang tua maupun anak-anak. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap untuk mendapatkan keberkahan dan kesejahteraan dari Allah SWT setiap kali kita makan.