Doa Sebelum Wudhu & Artinya
Doa Sebelum Wudhu & Artinya

Doa Sebelum Wudhu & Artinya

Mendengar kata wudhu, atau mandi wajib (dalam bahasa Arab disebut ghusl) pasti yang terlintas dalam pikiran adalah upacara mandi yang dilakukan oleh umat muslim untuk membersihkan diri dari hadast besar. Namun tahukah Anda, sebelum wudhu atau ghusl, ada beberapa doa yang perlu dibaca? Doa tersebut dikenal dengan doa sebelum wudhu atau doa mandi wajib.

Doa sebelum wudhu atau ghusl sangat dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim. Bagi yang belum membaca doa tersebut, berikut ini adalah doa sebelum wudhu lengkap dengan artinya:

Doa Sebelum Wudhu & Artinya

Doa sebelum wudhu terdiri dari dua bagian, yaitu doa sebelum wudhu dan doa setelah wudhu. Doa sebelum wudhu yang disebut dengan niat wudhu adalah sebagai berikut:

“Aku niat melakukan wudhu karena Allah Ta’ala”. Artinya: “Aku berniat melakukan wudhu karena Allah Yang Maha Agung”.

Doa setelah wudhu yang biasa dibaca adalah sebagai berikut: “Allahumma a’inni ala thalikal wudhu wa ala dzikril ma’tsuwbi wa ala ‘ilmil ma’lumi”. Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku untuk melakukan wudhu dengan benar, untuk mengingat yang baik, dan untuk mengetahui yang tidak aku ketahui”.

Manfaat Doa Sebelum Wudhu

Doa sebelum wudhu atau ghusl memiliki beberapa manfaat. Pertama, doa sebelum wudhu atau ghusl membantu kita untuk menyadari tujuan kita melakukan wudhu atau ghusl. Kedua, doa ini membantu kita untuk menyadari bahwa wudhu atau ghusl merupakan suatu ibadah yang harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan konsentrasi.

Ketiga, doa sebelum wudhu atau ghusl membantu kita untuk menghormati wudhu atau ghusl itu sendiri. Keempat, doa ini juga menjadi pengingat untuk kita untuk selalu berhati-hati saat melakukan wudhu atau ghusl. Dan yang terakhir, doa ini juga bermanfaat untuk membantu kita untuk melakukan wudhu atau ghusl dengan baik dan benar.

Kesimpulan

Doa sebelum wudhu atau ghusl adalah doa yang harus dibaca oleh umat muslim sebelum melakukan wudhu atau ghusl. Doa tersebut mengingatkan kita akan tujuan kita melakukan wudhu atau ghusl. Doa tersebut juga membantu kita untuk menghormati wudhu atau ghusl dan melakukannya dengan benar. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa ibadah wudhu atau ghusl kita benar-benar dianggap oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Doa sebelum wudhu adalah doa yang sangat penting dan harus dibaca oleh umat muslim sebelum mereka melakukan wudhu atau ghusl. Doa tersebut mengingatkan kita akan tujuan kita melakukan wudhu atau ghusl, serta membantu kita untuk melakukannya dengan benar dan baik agar diterima oleh Allah SWT.