Doa Sebelum Tidur Islam dan Artinya
Doa Sebelum Tidur Islam dan Artinya

Doa Sebelum Tidur Islam dan Artinya

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama islam. Doa bukan hanya diperuntukkan pada saat kita sedang beribadah di masjid, tapi juga dapat dilakukan pada saat kita sedang beraktivitas sehari-hari. Salah satu contoh doa yang dapat dilakukan pada saat kita beraktivitas sehari-hari adalah doa sebelum tidur. Berikut adalah doa sebelum tidur dan artinya.

Doa Sebelum Tidur dan Artinya

Doa sebelum tidur yang pertama adalah: “بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، اللهُمَّ أَسْلَمْتُ وَجْهِيْ لَكَ، وَفَوََّضْتُ أَمْرِيْ لَكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ لَكَ، وَأَعْتَرَفْتُ بِذُنُوْبِيْ لَكَ، فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ”. Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, aku pasrahkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, aku berserah diri pada-Mu, aku akui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosaku kecuali Engkau.”

Doa sebelum tidur yang kedua adalah: “اللَّهُمَّ بِكَ أَحْيَا وَبِكَ أَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ”. Artinya: “Ya Allah, dengan rahmat Mu aku hidup dan dengan rahmat Mu aku mati, dan kepada-Mu tempat kembali.”

Doa sebelum tidur yang ketiga adalah: “اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka jahannam, dan dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah Al Masih ad-Dajjal.”

Doa sebelum tidur yang keempat adalah: “اللَّهُمَّ يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ”. Artinya: “Ya Allah, ya Pembalik hati, kokohkan hatiku pada agama-Mu.”

Doa sebelum tidur yang kelima adalah: “اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يَا مَنْ يَحْشُرُ الْقَوْمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَارْحَمْ عَبْدَكَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي تُحِبُّ أَنْ يَحْشُرَ فِيْهِ”. Artinya: “Ya Allah, Tuhan langit dan bumi, Engkau yang akan mengumpulkan manusia pada hari kiamat, kasihanilah hamba-Mu dan anugerahilah dia tempat yang mulia yang Engkau cintai untuk dihimpun padanya.”

Doa sebelum tidur yang keenam adalah: “اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku.”

Doa sebelum tidur yang ketujuh adalah: “اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ”. Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari rasa malu dan kikir, dan aku berlindung ke