Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Beserta Artinya
Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Beserta Artinya

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Beserta Artinya

Doa adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menyampaikan rasa syukur kepada Allah. Setiap hari, kita harus melakukan doa sebelum tidur dan doa setelah bangun tidur. Doa sebelum tidur dan doa bangun tidur adalah salah satu bentuk ibadah yang harus dilakukan. Dengan doa sebelum tidur dan doa bangun tidur, kita bisa merasa lebih aman dan nyaman.

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur merupakan doa yang biasanya dilafalkan sebelum memulai tidur. Doa ini diucapkan agar Allah senantiasa menjaga kita dari segala fitnah dan penyakit. Doa sebelum tidur juga dimaksudkan untuk meminta agar Allah memudahkan kita dalam menjalani hari esok. Di bawah ini adalah beberapa doa sebelum tidur yang biasa dilafalkan:

1. Allahumma ajirni minan naar, wa a’udhu bika min syarim syaytana, wa a’udhu bika min hamazatish shayateen.
Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah aku dari api neraka, dan aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan, dan aku berlindung kepada-Mu dari gangguan para setan.”

2. Allahumma bismika amuutu wa ahya.
Artinya: “Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan aku hidup.”

3. Allahumma a’innii ‘ala dhikrika wa shukrika wa husni ‘ibadatika.
Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir kepada-Mu, bersyukur, dan melakukan ibadah yang baik.”

4. Allahumma innii as’aluka al-huda wa al-mu’afat wa al-ghina wa al-fath.
Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu petunjuk, keselamatan, kekayaan, dan kemenangan.”

Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur adalah doa yang biasanya dilafalkan setelah bangun tidur. Doa ini diucapkan untuk meminta kepada Allah agar diberikan kesehatan dan kemudahan dalam melakukan segala urusan. Berikut beberapa doa bangun tidur yang biasa dilafalkan:

1. Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nushoor.
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati dan kepada-Nya kami kembali.”

2. Subhaanalladzi sakhkharal mulku wa laa yu’dhiihu syaiun fii al-ardi wa laa ya’udhu huwa hifzuhuma wa huwa alaa kulli syai-in qadiir.
Artinya: “Mahasuci Allah yang menguasai kerajaan, tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi-Nya di bumi ini, dan tidak ada yang dapat melindunginya, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

3. Allahumma aghfir li dhanbi wa kaffir ‘anni sayyi-aati wa tawaffaniy mautan.
Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku, hapuskanlah kesalahanku, dan terimalah aku waktu aku meninggal nanti.”

4. Allahumma inna nasta’inuka bika minal ‘usyi wa al-qudrati wa an yahdii li.
Artinya: “Ya Allah, kami memohon pertolongan kepada-Mu dari kemalasan dan kelemahan, dan semoga Engkau memberi petunjuk kepada kami.”

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur dalam Al-Quran

Selain doa-doa di atas, di dalam Al-Quran juga terdapat beberapa ayat yang bisa kita lafalkan sebagai doa sebelum tidur dan doa bangun tidur. Ayat-ayat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Surat Al-Mulk: Ayat 1-3
Artinya: “Demi Tuhan yang menguasai kerajaan, sesungguhnya Dia adalah Maha Pemurah, yang mengajar manusia melalui Al-Quran, Dia-lah yang menciptakan manusia dan mengajarkannya berbicara.”

2. Surat Al-Ikhlas: Ayat 1-4
Artinya: “Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada yang setara dengan Dia.”

3. Surat Al-Falaq: Ayat 1-5
Artinya: “Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada benang sutera, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.”

Kesimpulan

Doa sebelum tidur dan doa bangun tidur adalah salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan. Dengan doa sebelum tidur dan doa bangun tidur, kita bisa merasa lebih aman dan nyaman. Selain doa-doa di atas, di dalam Al-Quran juga terdapat beberapa ayat yang bisa kita lafalkan sebagai doa sebelum tidur dan doa bangun tidur. Dengan doa sebelum tidur dan doa setelah bangun tidur, kita akan merasa lebih yakin dan bersyukur akan nikmat Allah.