Doa Sebelum Tidur dan Artinya dalam Islam
Doa Sebelum Tidur dan Artinya dalam Islam

Doa Sebelum Tidur dan Artinya dalam Islam

Doa sebelum tidur merupakan salah satu doa yang dianjurkan oleh Agama Islam. Doa sebelum tidur dapat menjadi salah satu bentuk ibadah yang bisa dilakukan oleh setiap muslim. Doa sebelum tidur adalah doa yang bisa menyegarkan hati dan pikiran untuk menghadapi hari esok.

Doa Sebelum Tidur Yang Dianjurkan Oleh Islam

Terdapat beberapa doa sebelum tidur yang dianjurkan oleh Islam. Berikut ini beberapa doa sebelum tidur yang dianjurkan oleh Islam :

1. Bismillahirrahmanirrahim. “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Hashr: 24)

2. Allahumma inni a’udzu bika minal khubuthi wal khubuthi. “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan dan kejahatan orang lain” (HR. Muslim)

3. Allahummaj’alni minat tawwabin waj’alni minal mutatahhirin. “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci” (HR. Tirmidzi)

4. Allahumma inni as’aluka al-huda wa al-‘afafa wa al-ghina. “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, kemuliaan dan kekayaan” (HR. Tirmidzi)

5. Allahumma inni as’aluka al-‘afiyata fi dini wa dunya. “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kesehatan dalam agama dan dunia” (HR. Tirmidzi)

6. Allahumma la sahla illama ja’altahu sahla. “Ya Allah, tidak ada kemudahan selain kemudahan yang Engkau berikan” (HR. Bukhari)

7. Subhanallahi wa bihamdihi, Subhanallahil ‘azim. “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung” (HR. Muslim)

Bahaya Tidak Melaksanakan Doa Sebelum Tidur

Tidak melaksanakan doa sebelum tidur sangatlah berbahaya bagi setiap muslim. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa timbul jika seseorang tidak melaksanakan doa sebelum tidur :

1. Susah tidur. Jika seseorang tidak melakukan doa sebelum tidur, maka ia akan kesulitan untuk tidur.

2. Merasa takut. Tanpa doa sebelum tidur, seseorang bisa merasa takut saat ia tidur.

3. Merasa lelah. Jika seseorang tidak melakukan doa sebelum tidur, maka ia akan merasa lelah ketika bangun pagi.

4. Merasa cemas. Seseorang yang tidak melakukan doa sebelum tidur bisa merasa cemas ketika ia bangun pagi.

5. Merasa kesepian. Seseorang yang tidak melakukan doa sebelum tidur bisa merasa kesepian saat ia bangun pagi.

Manfaat Melaksanakan Doa Sebelum Tidur

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang melaksanakan doa sebelum tidur. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang melaksanakan doa sebelum tidur :

1. Merasa tenang. Dengan melakukan doa sebelum tidur, seseorang akan merasa tenang dan nyaman ketika ia tidur.

2. Merasa aman. Dengan melakukan doa sebelum tidur, seseorang akan merasa aman dan nyaman ketika ia tidur.

3. Memperdalam konsentrasi. Dengan melakukan doa sebelum tidur, seseorang akan lebih mudah untuk memperdalam konsentrasinya saat ia tidur.

4. Mempersempit jarak dengan Allah. Dengan melakukan doa sebelum tidur, seseorang akan lebih dekat dengan Allah SWT.

5. Memperoleh kekuatan. Dengan melakukan doa sebelum tidur, seseorang akan merasa lebih kuat dan bersemangat untuk menjalani hari-hari berikutnya.

Kesimpulan

Doa sebelum tidur merupakan salah satu doa yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa sebelum tidur bisa menyegarkan hati dan pikiran untuk menghadapi hari esok. Tidak melaksanakan doa sebelum tidur bisa menimbulkan bahaya bagi seseorang, seperti susah tidur, merasa takut, merasa lelah, dan merasa kesepian. Namun, jika seseorang melaksanakan doa sebelum tidur, maka ia akan merasakan manfaat seperti merasa tenang, merasa aman, memperdalam konsentrasi, mempersempit jarak dengan Allah, dan memperoleh kekuatan.