Doa Sebelum & Sesudah Makan Beserta Artinya
Doa Sebelum & Sesudah Makan Beserta Artinya

Doa Sebelum & Sesudah Makan Beserta Artinya

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim. Doa adalah suatu bentuk ungkapan yang diucapkan untuk meminta atau memohon sesuatu kepada Allah SWT. Doa juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Doa sebelum dan sesudah makan juga merupakan salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini berfungsi untuk meminta berkah dan rahmat dari Allah SWT sebelum dan sesudah makan.

Doa sebelum makan disebut juga dengan Doa Bismillah. Doa ini berisi permintaan kepada Allah SWT agar berkah dan rahmatNya menyertai makanan yang akan kita makan. Doa Bismillah ini diawali dengan membaca: “بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ” atau “Bismillahirrahmaanirrahiim” yang artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang”.

Sesudah makan, seorang muslim juga disunahkan untuk membaca doa Alhamdulillah. Doa ini biasanya dipanjatkan setelah selesai makan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Doa Alhamdulillah juga berisikan permintaan ampunan dari Allah SWT agar kita dijauhkan dari dosa-dosa. Doa Alhamdulillah ini diawali dengan membaca: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ” atau “Alhamdulillaahilladzii at’amanaa wasaqo’anaa wa ja’alnaa minal muslimiin” yang artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan memberi kami minuman serta menjadikan kami sebagai orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya)”.

Selain Doa Bismillah dan Alhamdulillah yang dianjurkan untuk dibaca sebelum dan sesudah makan, ternyata ada juga doa-doa lain yang disarankan untuk dibaca sebelum dan sesudah makan. Berikut adalah doa-doa lain tersebut:

Doa Sebelum Makan

1. “اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ” yang artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dengan rezeki yang Engkau berikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa neraka”.

2. “اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا أَفْطَرْنَا وَأَطْعِمْنَا طَعَامًا طَيِّبًا” yang artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dengan makanan yang telah Engkau berikan kepada kami dan berilah kami makanan yang baik”.

Doa Sesudah Makan

1. “اللَّهُمَّ أَطْعِمْنِيْ مِنْ طَيِّبِهِ وَأَطْعِمْنِيْ مِنْ طَيِّبِهِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ” yang artinya: “Ya Allah, berilah aku makanan yang baik dan karuniakan aku makanan yang baik, Wahai Dzat yang paling penyayang”.

2. “اللَّهُمَّ أَطْعِمْنِيْ مِنْ طَيِّبِهِ وَأَطْعِمْنِيْ مِنْ طَيِّبِهِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ” yang artinya: “Ya Allah, berilah aku makanan yang baik dan karuniakan aku makanan yang baik, Wahai Dzat yang paling penyayang”.

Doa yang Dapat Dibaca Saat Berbuka Puasa

1. “اللَّهُمَّ اهْلَلْ عَلَيْنَا رَزْقَكَ الْحَلَالَ وَتَطْمِئِنُّ قُلُوبُنَا بِهِ” yang artinya: “Ya Allah, tundalah bagi kami rezeki yang halal dan berkatilah hati kami dengannya”.

2. “اللَّهُمَّ اهْلَلْ عَلَيْنَا رَزْقَكَ الطَّيِّبَ وَتَطْمِئِنُّ قُلُوبَنَا بِهِ” yang artinya: “Ya Allah, tundalah bagi kami rezeki yang baik dan berkatilah hati kami dengannya”.

3. “اللَّهُمَّ اهْلَلْ عَلَيْنَا رَزْقَكَ الْحَلَالَ وَتَطْمِئِنُّ قُلُوبَنَا بِهِ” yang artinya: “Ya Allah, tundalah bagi kami rezeki yang halal dan berkatilah hati kami dengannya”.

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang muslim disunahkan untuk membaca doa sebelum dan sesudah makan. Doa-doa tersebut