Doa Sebelum Puasa dan Artinya
Doa Sebelum Puasa dan Artinya

Doa Sebelum Puasa dan Artinya

Puasa adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh semua umat Muslim. Ini adalah salah satu cara menghargai Allah dan membuktikan ketaatan kepada-Nya. Namun, sebelum melakukan puasa, ada beberapa doa yang disyariatkan untuk dibaca. Doa-doa ini memiliki tujuan untuk menyatakan kepatuhan dan pengabdian kepada Allah. Berikut adalah beberapa doa sebelum puasa dan artinya.

Doa “Dua Kalimat Syahadat”

Doa ini merupakan doa yang sangat wajib dibaca oleh setiap orang. Doa ini bertujuan untuk menyatakan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Doa ini seluruhnya adalah: “Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar Rasullullah”. Ini berarti: “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”. Doa ini adalah salah satu cara untuk memulai puasa dengan penuh ketaatan.

Doa “Tahiyatul Masjid”

Doa “Tahiyatul Masjid” dibaca ketika seseorang masuk ke masjid. Doa ini adalah doa yang sangat wajib dan harus dibaca oleh setiap orang. Doa ini berbunyi: “Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh”. Ini berarti: “Semoga keselamatan, rahmat dan berkah Allah ada di atas kamu”. Doa ini dapat diucapkan sebelum melakukan puasa untuk menyatakan kepatuhan dan penghormatan kepada Allah.

Doa “Dhuha”

Doa “Dhuha” ini adalah doa yang dibaca ketika matahari telah naik. Doa ini berbunyi: “Allahumma inni a’udzubika minal ‘asri wa syarri wa syarri maa zalazu”. Ini berarti: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kemalangan dan kejahatan dan dari segala yang diciptakan oleh-Mu”. Doa ini menunjukkan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Doa “Tahajud”

Doa “Tahajud” adalah doa yang dibaca ketika seseorang sedang berpuasa. Doa ini berbunyi: “Rabbi ighfirli wa kilaika wa tubb alayya innaka antat tawwabur rahim”. Ini berarti: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan semua orang lain dan terimalah taubatku, Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. Doa ini menunjukkan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Doa “Subuh”

Doa “Subuh” adalah doa yang dibaca ketika matahari telah terbit. Doa ini berbunyi: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah, Wallahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil hamd”. Ini berarti: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan kepada Allah-lah segala puji”. Doa ini menunjukkan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Doa “Maghrib”

Doa “Maghrib” adalah doa yang dibaca ketika matahari terbenam. Doa ini berbunyi: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah, Wallahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil hamd”. Ini berarti: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan kepada Allah-lah segala puji”. Doa ini menunjukkan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Doa “Isya”

Doa “Isya” adalah doa yang dibaca ketika malam telah tiba. Doa ini berbunyi: “Allahu Akbaru Kabiiran, Wa lillahi ‘lhamdu katsiiran, Wa subhanallahi bukratan wa asiilan”. Ini berarti: “Allah Maha Besar, segala puji hanyalah milik-Nya, Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang”. Doa ini menunjukkan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Doa “Hajat”

Doa “Hajat” adalah doa yang dibaca untuk memohon sesuatu kepada Allah. Doa ini berbunyi: “Rabbanaa hablanaa min azwajinaa wa dhurriyatinaa qurrata a’yunin wa jalnaa lil muttaqina imama”. Ini berarti: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan yang saleh dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa”. Doa ini menunjukkan kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Kesimpulan

Doa-doa sebelum puasa memiliki tujuan untuk menyatakan kepatuhan dan pengabdian kepada Allah. Setiap orang yang ingin melakukan puasa harus membaca doa-doa ini untuk menyatakan ketaatan mereka kepada Allah. Dengan membaca doa-doa ini, orang-orang akan dapat melakukan puasa dengan penuh taqwa dan kepatuhan.