Doa Sebelum Membaca Al Quran dan Artinya
Doa Sebelum Membaca Al Quran dan Artinya

Doa Sebelum Membaca Al Quran dan Artinya

Membaca Al Quran merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca Al Quran, kita dapat mengenal Allah SWT lebih dekat dan mengerti akan tujuan hidup kita. Oleh sebab itu, sebelum membaca Al Quran, kita sebaiknya berdoa kepada Allah SWT untuk mendapatkan hidayah dan petunjuk-Nya. Berikut ini adalah beberapa doa sebelum membaca Al Quran dan artinya.

1. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “A’udzu Billahi Minasy Syaithanir Rajim”

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk”. Doa ini merupakan doa yang sangat umum dan sering kita dengar. Doa ini menjadi doa yang banyak dibaca oleh orang yang akan membaca Al Quran. Jika kita membaca doa ini sebelum membaca Al Quran, Allah SWT akan melindungi kita dari gangguan syaitan dan makhluk gaib lainnya.

2. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Bismillahirrahmanirrahim”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Doa ini adalah doa yang terkenal dan sering kita dengar. Doa ini kita ucapkan sebelum melakukan sebuah pekerjaan atau aktivitas. Dengan membaca doa ini sebelum membaca Al Quran, kita akan berjalan pada jalan yang benar dan mendapatkan ridho Allah SWT.

3. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Allahumma Inni Asaluka Al-Huda Wa Al-‘Alim”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu petunjuk dan ilmu”. Doa ini mengandung maksud untuk memohon kepada Allah SWT petunjuk dan ilmu agar kita dapat memahami isi Al Quran. Dengan membaca doa ini sebelum membaca Al Quran, kita akan mendapatkan petunjuk dan ilmu dari Allah SWT dan kita dapat memahami isi Al Quran dengan lebih baik.

4. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Allahumma Ihdini Fiman Hadaita Wa A’fu ‘Ani Fiman ‘Aufaita”

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah aku kepada orang yang Engkau ridhai dan maafkanlah aku dari orang yang Engkau benci”. Doa ini merupakan doa yang dibaca untuk memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT. Dengan mengucapkan doa ini sebelum membaca Al Quran, kita akan mendapatkan bimbingan dan perlindungan dari Allah SWT dalam memahami isi Al Quran.

5. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Allahumma A’inni ‘Ala Zikrika Wa Shukrika Wa Husni ‘Ibadatika”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku untuk berzikir, bersyukur dan melakukan ibadah yang baik kepada-Mu”. Doa ini merupakan doa yang dibaca untuk memohon kepada Allah SWT agar kita dapat melakukan ibadah yang baik. Dengan mengucapkan doa ini sebelum membaca Al Quran, kita akan mampu melakukan ibadah dengan baik dan benar.

6. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Allahumma A’inni ‘Ala Shifatikal Mustaqim”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku untuk berjalan di jalan-Mu yang lurus”. Doa ini merupakan doa yang dibaca untuk memohon kepada Allah SWT agar kita dapat berjalan di jalan-Nya yang lurus. Dengan membaca doa ini sebelum membaca Al Quran, kita akan mendapatkan petunjuk dan bimbingan dalam menjalankan perintah-Nya.

7. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Allahumma A’inna Minazzalimina Wa Zalimatil Miskinina Wa A’inna Minal Ghafilin”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku dari orang-orang yang zalim dan orang-orang yang miskin. Dan juga tolonglah aku jangan melupakan-Mu”. Doa ini merupakan doa yang dibaca untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini sebelum membaca Al Quran, kita akan mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT dalam menjalankan kehidupan.

8. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Allahumma A’inna Minal Mu’minina Wa A’inna Minal Muhsinina”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku untuk termasuk orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berbuat baik”. Doa ini merupakan doa yang dibaca untuk memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini sebelum membaca Al Quran, kita akan mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT dalam menjalankan kehidupan yang benar.

9. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Allahumma A’inna Minal Muslimeena Wa A’inna Minal Muslimatil Muthmainna”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku untuk termasuk orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berbuat baik”. Doa ini merupakan doa yang dibaca untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini sebelum membaca Al Quran, kita akan mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT dalam menjalankan kehidupan yang benar.

10. Doa Sebelum Membaca Al Quran: “Allahumma A’inna Minal Habibina Wa A’inna Minal Walidayal Karimina”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku untuk menjadi hamba-Mu yang dicintai dan anak-anak yang terkasih”. Doa ini merupakan doa yang dibaca untuk memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT. Den