Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi dan Artinya
Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi dan Artinya

Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi dan Artinya

Kegiatan mandi merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh manusia. Mandi menjadi kegiatan yang sangat penting dan sudah menjadi kebiasaan manusia sejak dahulu. Kegiatan mandi juga telah menjadi bagian dari ibadah yang dilakukan oleh umat beragama. Terlebih lagi, dilakukannya doa sebelum masuk kamar mandi merupakan kebiasaan yang telah ada sejak lama. Berikut ini adalah doa sebelum masuk kamar mandi dan artinya.

Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi

Doa sebelum masuk kamar mandi adalah sebagai berikut: “Bismillahirrahmaanirrahiim, a’udzu billahi minash shaytaanirrajim, allahumma ini a’udzu bika minal khubutsi wal khabaa’its, Allahumma ini a’udzu bika minal jabari wal bahim, Allahumma ini a’udzu bika minal jubni wal junun”.

Arti Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi

Doa sebelum masuk kamar mandi memiliki arti sebagai berikut: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, aku berlindung kepada Allah dari godaan setan, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan dan keburukan, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kehinaan dan gangguan jin”.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi

Membaca doa sebelum masuk kamar mandi merupakan salah satu hal yang dianjurkan oleh agama. Membaca doa ini menjadi hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini karena membaca doa sebelum masuk kamar mandi merupakan bentuk keimanan kita kepada Allah SWT. Selain itu, membaca doa sebelum masuk kamar mandi juga dapat menjaga kita dari gangguan jin jahat dan hal-hal yang buruk lainnya.

Syarat-syarat Membaca Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin membaca doa sebelum masuk kamar mandi. Syarat-syarat tersebut adalah: pertama, membaca doanya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Kedua, jangan melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama. Ketiga, jangan membawa benda-benda yang dilarang ketika masuk ke dalam kamar mandi.

Hukum Syar’i Membaca Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi

Menurut ulama, membaca doa sebelum masuk kamar mandi merupakan suatu kebiasaan yang sangat baik dan dianjurkan oleh agama. Namun, tidak ada hukum syar’i yang mengharuskan seseorang untuk membaca doa ini. Sebab, membaca doa ini hanyalah sebuah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Surat Al-Baqarah Ayat 1-5 Sebagai Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi

Selain doa sebelum masuk kamar mandi yang telah disebutkan di atas, ada juga yang menggunakan surat Al-Baqarah ayat 1-5 sebagai doa sebelum masuk kamar mandi. Surat Al-Baqarah ayat 1-5 adalah sebagai berikut: “Alif Lam Mim. Ini adalah kitab yang tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka; dan yang beriman kepada apa yang telah Kami wahyukan kepada kamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wahyukan sebelum kamu; dan mereka yakin akan akhirat.”

Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi Berdasarkan Madzhab

Untuk masing-masing madzhab, doa sebelum masuk kamar mandi akan berbeda-beda. Madzhab Syafi’i dan Hanbali menyebutkan doa seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu “Bismillahirrahmaanirrahiim, a’udzu billahi minash shaytaanirrajim, allahumma ini a’udzu bika minal khubutsi wal khabaa’its, Allahumma ini a’udzu bika minal jabari wal bahim, Allahumma ini a’udzu bika minal jubni wal junun”. Sedangkan madzhab Hanafi tidak menyebutkan doa ini karena menurut mereka doa ini bukan merupakan hadist yang shahih.

Kesimpulan

Doa sebelum masuk kamar mandi merupakan sebuah kebiasaan yang dianjurkan oleh agama. Doa sebelum masuk kamar mandi memiliki arti sebagai berikut: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, aku berlindung kepada Allah dari godaan setan, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan dan keburukan, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kehinaan dan gangguan jin”. Membaca doa sebelum masuk kamar mandi dapat menjaga kita dari gangguan jin jahat dan hal-hal yang buruk lainnya. Selain itu, madzhab-madzhab juga memiliki doa-doa tersendiri untuk dibaca sebelum masuk kamar mandi.