Doa Sebelum Makan Latin dan Artinya
Doa Sebelum Makan Latin dan Artinya

Doa Sebelum Makan Latin dan Artinya

Ketika kita makan, adalah hal yang baik untuk berdoa sebelumnya. Doa adalah salah satu cara kita mengungkapkan terima kasih kita kepada Tuhan atas makanan yang telah diberikan. Doa sebelum makan adalah hal yang umum dilakukan di seluruh dunia, dan bahkan di berbagai agama. Doa sebelum makan dalam bahasa Latin adalah salah satu cara untuk menghormati makanan yang akan kita makan, dan juga menyatakan rasa syukur kita kepada Tuhan. Berikut ini adalah beberapa doa sebelum makan dalam bahasa Latin, beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

Doa Sebelum Makan Latin dan Artinya

1. Benedic, Domine, nos et haec tua dona quae de tua largitate sumus sumpturi. (Berkatilah kami, Tuhan, dan hadiah-hadiah yang akan kami makan ini yang telah Kau berikan dengan kebaikan-Mu).

2. Benedicite, omnia opera Domini, Domino. (Semua ciptaan Tuhan, berkatilah Tuhan).

3. Benedic, Domine, creaturam istam quam sumere proponimus in nomine tuo. (Berkatilah, Tuhan, ciptaan ini yang akan kami makan ini di nama-Mu).

4. Benedic, Domine, creaturam istam, quam de tua benignitate sumere proponimus. (Berkatilah, Tuhan, ciptaan ini yang akan kami makan ini dari kebaikan-Mu).

5. Benedic, Domine, hoc cibum et potum quem sumere volemus in nomine tuo. (Berkatilah, Tuhan, makanan ini dan minuman yang akan kami makan ini di nama-Mu).

6. Benedic, Domine, familiam tuam, et dona tua quae de tua largitate sumus sumpturi. (Berkatilah, Tuhan, keluarga-Mu dan hadiah-hadiah yang akan kami makan ini yang telah Kau berikan dengan kebaikan-Mu).

7. Benedic, Domine, cibum quem sumere proponimus in nomine tuo. (Berkatilah, Tuhan, makanan ini yang akan kami makan ini di nama-Mu).

8. Benedic, Domine, familiam nostram, et hanc creaturam quam sumere proponimus in nomine tuo. (Berkatilah, Tuhan, keluarga kami dan ciptaan ini yang akan kami makan ini di nama-Mu).

9. Benedic, Domine, creaturam istam quam sumere proponimus ut in nomine tuo sit benedicta. (Berkatilah, Tuhan, ciptaan ini yang akan kami makan ini agar di nama-Mu ia diberkati).

10. Benedic, Domine, cibum et potum quem sumere volemus ut in nomine tuo sit benedictus. (Berkatilah, Tuhan, makanan ini dan minuman yang akan kami makan ini agar di nama-Mu ia diberkati).

Kesimpulan

Doa sebelum makan dalam bahasa Latin adalah salah satu cara untuk menghormati makanan yang akan kita makan, dan juga menyatakan rasa syukur kita kepada Tuhan. Dengan berdoa sebelum makan, kita dapat menghargai makanan yang telah diberikan, dan juga mengungkapkan rasa syukur kita kepada Tuhan. Dengan melakukan doa sebelum makan dalam bahasa Latin, kita dapat menyampaikan rasa syukur kita dengan lebih baik.