Doa Sebelum Makan Bahasa Arab dan Artinya
Doa Sebelum Makan Bahasa Arab dan Artinya

Doa Sebelum Makan Bahasa Arab dan Artinya

Kenapa Harus Bertasbih Sebelum Makan?

Tasbih yang biasa dilakukan sebelum makan adalah kebiasaan yang sudah turun temurun dari generasi ke generasi. Ini berlaku bagi orang yang beragama Islam. Di dalam ajaran Islam, tasbih sebelum makan adalah suatu keharusan. Tasbih sebelum makan memiliki makna yaitu berterima kasih pada Allah SWT atas nikmat yang diberikan. Dengan mengucapkan tasbih sebelum makan, kita akan mengingatkan Allah SWT dan mengakui bahwa makanan yang kita makan adalah sebuah nikmat yang telah diberikan oleh-Nya.

Doa Sebelum Makan dalam Bahasa Arab dan Artinya

Doa sebelum makan adalah doa yang harus dilakukan sebelum makan. Doa sebelum makan dikenal dengan sebutan doa Bismillah. Doa ini merupakan salah satu doa yang lazim diucapkan sebelum memulai sesuatu. Doa bismillah juga diucapkan sebelum makan. Doa bismillah dalam bahasa arabnya adalah “بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ” dan artinya adalah “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”.

Doa Lain Sebelum Makan

Selain doa bismillah, ada juga doa lain yang dapat diucapkan sebelum makan. Doa ini memiliki makna yang sama, yaitu berterima kasih pada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan. Doa ini biasanya diucapkan setelah doa bismillah. Doa ini dalam bahasa arabnya adalah “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ” dan artinya adalah “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minum kami, dan telah menjadikan kami dari orang-orang yang berserah diri.”

Doa Setelah Makan

Setelah makan, kita juga diharuskan untuk membaca doa. Doa yang dibaca setelah makan bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar makanan yang kita makan bermanfaat bagi tubuh kita. Doa ini dalam bahasa arabnya adalah “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ” dan artinya adalah “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minum kami, dan telah menjadikan kami dari orang-orang yang berkat.”

Mengapa Harus Mengucapkan Doa Sebelum dan Sesudah Makan?

Mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh umat muslim. Ini adalah bentuk penghormatan dan pengharapan kita kepada Allah SWT. Dengan mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan, kita akan mengingatkan Allah SWT dan mengakui bahwa makanan yang kita makan adalah sebuah nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Selain itu, doa sebelum dan sesudah makan juga dapat membantu kita untuk memohon kepada Allah SWT agar makanan yang kita makan bermanfaat bagi tubuh kita.

Kesimpulan

Doa sebelum dan sesudah makan adalah hal yang sangat penting bagi umat muslim. Ini adalah bentuk penghormatan dan pengharapan kita kepada Allah SWT. Doa sebelum makan biasanya berupa doa Bismillah yang artinya “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”. Sedangkan doa sesudah makan berbunyi “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minum kami, dan telah menjadikan kami dari orang-orang yang berserah diri.” Kedua doa ini hendaknya diucapkan setiap kali kita akan makan agar kita selalu mengingat Allah SWT dan berterima kasih atas nikmat-Nya.

Kesimpulan

Doa sebelum dan sesudah makan adalah suatu keharusan bagi umat muslim. Doa sebelum makan yang lazim diucapkan adalah doa Bismillah dan doa sesudah makan adalah “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minum kami, dan telah menjadikan kami dari orang-orang yang berserah diri”. Dengan mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan, kita akan mengingatkan Allah SWT dan berterima kasih pada-Nya atas nikmat yang telah diberikan.