Doa Sebelum Makan Arab dan Artinya
Doa Sebelum Makan Arab dan Artinya

Doa Sebelum Makan Arab dan Artinya

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya yang melimpah. Doa sebelum makan menjadi ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Dengan membaca doa sebelum makan, kita mendapatkan banyak keutamaan. Doa ini pun berbeda-beda, tergantung dari bahasa yang dipakai. Doa sebelum makan Arab adalah doa yang dibaca oleh orang-orang yang beragama Islam dan berbicara dalam bahasa Arab.

Kandungan Doa Sebelum Makan Arab

Doa sebelum makan Arab berisi kalimat-kalimat yang bertujuan untuk menyebut nama Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa dan memohon rahmat-Nya. Doa ini juga berisi permohonan atas nikmat yang Allah berikan. Jika Arab digunakan sebagai bahasa, doa sebelum makan biasanya dimulai dengan menyebut nama Allah SWT. Berikut ini adalah doa sebelum makan Arab lengkap dengan artinya:

Doa Sebelum Makan Arab dan Artinya

1. اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang Engkau berikan dan lindungilah kami dari siksa api neraka”.

2. الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, serta menjadikan kami di antara orang-orang muslim”.

3. بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Artinya: “Dengan nama Allah yang bersama dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang dapat merugikan baik di bumi maupun di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

4.بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Artinya: “Dengan nama Allah yang bersama dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang dapat merugikan baik di bumi maupun di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

5. بِسْمِ اللهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, serta menjadikan kami di antara orang-orang muslim”.

6. بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Dengan nama Allah, Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang Engkau berikan dan lindungilah kami dari siksa api neraka”.

7. بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الخَيْرَ وَنَشْكُرُكَ وَلاَ نَكْفُرُكَ

Artinya: “Dengan nama Allah, Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu, memohon ampun kepada-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, mengucapkan kebaikan kepada-Mu dan bersyukur kepada-Mu dan tidak mengingkari-Mu”.

8. بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا قَدَّرْتَ وَأَنْتَ تَقْدِرُ

Artinya: “Dengan nama Allah, Ya Allah, sesungguhnya kami meminta kepada-Mu keutamaan-Mu yang besar, dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah Engkau tetapkan dan Engkau Maha Mengetahui”.

9. بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ ع