Doa Sebelum dan Sesudah Sholat Subuh dan Artinya
Doa Sebelum dan Sesudah Sholat Subuh dan Artinya

Doa Sebelum dan Sesudah Sholat Subuh dan Artinya

Sholat subuh adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi umat muslim. Setiap orang yang beragama Islam diwajibkan untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid. Selain itu, dalam melaksanakan sholat subuh juga terdapat doa-doa yang sering diucapkan. Doa-doa ini diucapkan sebelum dan sesudah melaksanakan sholat subuh.

Doa Sebelum Sholat Subuh

Doa yang biasa diucapkan sebelum melaksanakan sholat subuh adalah doa tahiyatul masjid. Doa ini berarti ucapan salam yang ditujukan untuk menghormati masjid. Doa ini diucapkan ketika kita akan memulai sholat subuh. Berikut adalah doa tahiyatul masjid dan artinya:

“Allahumma rabba haadzihid daaral mustaqiim, salli alaa sayyidinaa Muhammadin wa alaa aalihi wa shahbihi wa sallim. Allahumma ighfir li dzunubi waftah li abwaaba rahmatik.”

“Ya Allah, Rabb dari tempat ini yang lurus (masjid), limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarga serta sahabat-sahabatnya. Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukalah pintu rahmat-Mu untukku.”

Doa Sesudah Sholat Subuh

Setelah melaksanakan sholat subuh, biasanya kita akan mengucapkan doa-doa tertentu. Doa-doa yang biasa diucapkan sesudah sholat subuh adalah doa sholat sunnah, doa qunut, dan doa-doa lainnya. Berikut adalah beberapa doa yang biasa diucapkan sesudah sholat subuh dan artinya:

“Subhaanalladzi biyadihil mulku, wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir. Wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.”

“Maha Suci Allah yang milik kerajaan-Nya dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

“Rabbighfir li wa tube ‘alayya innaka antat tawwaabur rohiim.”

“Ya Rabbku, ampunilah aku dan berilah rahmat kepadaku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

“Rabbanaa aatinaa fidzaunubinaa wa qinaa ‘azaabannar.”

“Ya Rabb kami, berilah kami petunjuk untuk menghapus dosa-dosa kami serta keselamatan dari siksaan neraka.”

Doa Dzikir Setelah Sholat Subuh

Selain itu, setelah melaksanakan sholat subuh juga biasa diucapkan doa dzikir. Doa dzikir ini adalah doa yang mengandung kalimat-kalimat tauhid dan memuji sifat-sifat Allah. Berikut adalah beberapa doa dzikir setelah sholat subuh:

“Allaahumma laka aslamtu wa ‘alaika tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu wa bika amantu wa ‘ala ‘ilmika istafaitu.”

“Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku bertawakkal kepada-Mu, aku berbuka puasa dengan rizki-Mu, aku mengimani-Mu dan aku meminta ilmu-Mu.”

“Subhaanalladzi sakhkhara lanaa haadzal maa’ wa ma’al ‘usri yusra, wa yasirru lanaa syai’aal hasanaati wa yakhlufanna ‘azaaban naiyima.”

“Maha Suci Allah yang telah memberi kita rezeki yang baik dan yang lebih baik lagi, yang memberi kita kemudahan dalam segala urusan kita dan yang menghalangi kita dari siksaan yang buruk.”

Kesimpulan

Sholat subuh adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi umat muslim. Dari mulai sebelum sampai sesudah melaksanakan sholat subuh, biasanya kita akan mengucapkan doa-doa tertentu. Doa-doa ini bertujuan untuk menghormati masjid tempat kita melaksanakan sholat subuh, serta mengucapkan pujian dan penghormatan kepada Allah SWT. Dengan demikian, kita harapkan agar Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan keselamatan kepada kita semua.