Doa Sebelum Berwudhu Beserta Artinya
Doa Sebelum Berwudhu Beserta Artinya

Doa Sebelum Berwudhu Beserta Artinya

Berwudhu adalah salah satu syarat utama dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT. Ibadah ini adalah tindakan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menyucikan diri para umatnya. Oleh karena itu, ada sejumlah doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum melakukan berwudhu. Berikut adalah beberapa doa yang dapat anda katakana sebelum berwudhu beserta artinya.

Doa Sebelum Berwudhu

Doa pertama adalah “Bismillah”. Doa ini berarti “dengan nama Allah”. Doa ini adalah doa yang paling sering dikatakan oleh para mukmin sebelum melakukan apapun. Dengan mengucapkan doa ini, kita memohon berkah dari Allah SWT. Selain itu, doa ini juga mengingatkan kita agar melakukan segala sesuatu dengan ikhlas.

Doa kedua adalah “Allahumma anta as-salam wa minka as-salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram”. Doa ini berarti “Ya Allah, Engkau Yang Maha Suci dan Engkau Yang Maha Suci, Maha Terpuji Engkau ya Dzal Jalali wal Ikram”. Dengan mengucapkan doa ini, kita memohon kepada Allah SWT untuk memberkahi kita dengan kemuliaan dan kehormatan.

Doa ketiga adalah “Allahumma a’innii ‘alaa dhikrika wa shukrika wa husni ‘ibaadatik”. Doa ini berarti “Ya Allah, tolonglah aku dalam mengingat-Mu, berterima kasih kepada-Mu dan melakukan ibadah kepada-Mu dengan sempurna”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT menolong kita dalam menjadi hamba-Nya yang lebih baik.

Doa keempat adalah “Allahumma a’innii ‘alaa tahdhirii wa tahfazhii wa tahdhiqii ‘alaa maqamal mahmood”. Doa ini berarti “Ya Allah, tolonglah aku dalam mencegah perilaku yang tidak baik, melindungi diri dari godaan dan memastikan aku berada di tempat yang terpuji dan mulia”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT menolong kita dalam menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Doa Sebelum Mencuci Kaki

Doa kelima adalah “Bismillahil ladzi la yadurru ma’asmiihii shai’un fil ardhii, wa la fis samaa’i, wa huwas samii’ul ‘alim”. Doa ini berarti “Dengan nama Allah yang tidak ada yang dapat menggantikan nama-Nya di bumi atau di langit dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT menolong kita dalam menjaga diri dari segala kemungkinan.

Doa keenam adalah “Allahumma qinii bihii min kulli shai’in adhaab”. Doa ini berarti “Ya Allah, lindungilah aku daripada segala bentuk siksaan”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT melindungi kita dari segala bentuk siksaan.

Doa ketujuh adalah “Allahumma a’innii ‘alaa khushu’i ‘ibaadatik”. Doa ini berarti “Ya Allah, tolonglah aku untuk beribadah kepada-Mu dengan penuh khusyu”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT menolong kita dalam menjalankan ibadah dengan penuh khusyu.

Doa Setelah Berwudhu

Doa kedelapan adalah “Allahumma a’innii ‘alaa taqwaaika wa husni ‘amalii”. Doa ini berarti “Ya Allah, tolonglah aku dalam berlaku taqwa kepada-Mu dan melakukan amal yang baik”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT menolong kita dalam berlaku taqwa dan melakukan amal yang baik.

Doa kesembilan adalah “Allahumma a’innii ‘alaa tawakkalii ‘alal laziina laa yarjuuunaka”. Doa ini berarti “Ya Allah, tolonglah aku dalam bertawakal kepada-Mu dan orang-orang yang tidak mengharapkan balasan darimu”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT menolong kita dalam bertawakal kepada-Nya dan orang-orang yang tidak mengharapkan balasan darimu.

Doa kesepuluh adalah “Allahumma a’innii ‘alaa dhikrika wa shukrika wa husni ‘ibaadatik”. Doa ini berarti “Ya Allah, tolonglah aku dalam mengingat-Mu, berterima kasih kepada-Mu dan melakukan ibadah kepada-Mu dengan sempurna”. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah SWT menolong kita dalam menjadi hamba-Nya yang lebih baik.

Kesimpulan

Berwudhu adalah salah satu tindakan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menyucikan diri para umatnya. Oleh karena itu, ada sejumlah doa yang dapat anda katakana sebelum melakukan berwudhu beserta artinya. Doa-doa tersebut di antaranya adalah “Bismillah”, “Allahumma anta as-salam wa minka as-salam”, “Allahumma a’innii ‘alaa dhikrika wa shukrika wa husni ‘ibaadatik” dan “Allahumma a’innii ‘alaa tawakkalii ‘alal laziina laa yarjuuunaka”. Dengan mengucapkan doa-doa tersebut, kita berharap agar Allah SWT memberkahi kita dengan kemuliaan dan kehormatan.