Doa Sebelum Berbuka Puasa Beserta Artinya
Doa Sebelum Berbuka Puasa Beserta Artinya

Doa Sebelum Berbuka Puasa Beserta Artinya

Berbuka puasa merupakan salah satu momen yang sangat diharapkan bagi umat muslim. Sebelum berbuka puasa, dianjurkan untuk membaca doa sebelum berbuka puasa. Melalui doa ini, kita bisa bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Selain itu, doa sebelum berbuka puasa juga bisa menjadi sarana untuk memohon ampunan atas segala dosa yang telah kita lakukan.

Doa sebelum berbuka puasa bisa kita temukan dalam Al Qur’an maupun hadits. Ada beberapa doa yang biasa kita baca sebelum berbuka puasa. Berikut ini adalah doa sebelum berbuka puasa beserta artinya.

1. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Dzomiranil Hamdi”

Doa sebelum berbuka puasa pertama adalah “Dzomiranil Hamdi”. Artinya, “Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu, kami membuka puasa kami”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Baqarah ayat 185.

2. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Rabbighfirlee”

Doa sebelum berbuka puasa kedua adalah “Rabbighfirlee”. Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Baqarah ayat 187.

3. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Rabbana Atina”

Doa sebelum berbuka puasa ketiga adalah “Rabbana Atina”. Artinya, “Ya Allah, berikanlah kami rezeki yang baik”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Baqarah ayat 183.

4. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Rabbana Aatina Fid-Dunya”

Doa sebelum berbuka puasa keempat adalah “Rabbana Aatina Fid-Dunya”. Artinya, “Ya Allah, berikanlah kami nikmat dari dunia dan akhirat”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Baqarah ayat 201.

5. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Rabbana Afrigh’alayna Sabran”

Doa sebelum berbuka puasa kelima adalah “Rabbana Afrigh’alayna Sabran”. Artinya, “Ya Allah, berilah kami kekuatan untuk bersabar”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Baqarah ayat 153.

6. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa”

Doa sebelum berbuka puasa keenam adalah “Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa”. Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Suka pada orang yang memohon ampun”. Doa ini bisa kita temukan pada surat An-Nisa ayat 149.

7. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Allahummaftah Leebasaira”

Doa sebelum berbuka puasa ketujuh adalah “Allahummaftah Leebasaira”. Artinya, “Ya Allah, bukalah pintu rahmat-Mu”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Isra ayat 80.

8. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Allahummaghfirlee Warhamnee Wajburnee”

Doa sebelum berbuka puasa kedelapan adalah “Allahummaghfirlee Warhamnee Wajburnee”. Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, dan berilah aku keberkahan”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Mujadilah ayat 11.

9. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Allahummaghfirlee Warhamnee Wahdinee”

Doa sebelum berbuka puasa kesembilan adalah “Allahummaghfirlee Warhamnee Wajburnee”. Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, dan tunjukkanlah aku jalan yang benar”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Mujadilah ayat 11.

10. Doa Sebelum Berbuka Puasa “Allahummaj’alnee Minattawwabeena”

Doa sebelum berbuka puasa kesepuluh adalah “Allahummaj’alnee Minattawwabeena”. Artinya, “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang paling banyak mendapatkan ampunan-Mu”. Doa ini bisa kita temukan pada surat Al-Mujadilah ayat 11.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa doa sebelum berbuka puasa beserta artinya. Semoga dengan membaca doa-doa ini, kita bisa memperoleh barokah dalam berpuasa dan mendapat ampunan dari Allah SWT. Jangan lupa untuk membaca doa sebelum berbuka puasa agar ibadah puasa kita semakin berkah.