Doa Sebelum Belajar Islam dan Artinya
Doa Sebelum Belajar Islam dan Artinya

Doa Sebelum Belajar Islam dan Artinya

Belajar mengenai agama Islam adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dan menguntungkan bagi umat muslim. Kegiatan ini dapat membantu kita untuk lebih mengenal dan menghayati agama kita. Namun sebelum kita melakukan kegiatan belajar tersebut, ada beberapa doa yang disarankan untuk kita baca.

Doa Sebelum Belajar Islam

Doa sebelum belajar Islam adalah doa untuk meminta bantuan dan kemudahan bagi pada saat kita belajar. Doa ini dapat dibaca baik sebelum ataupun sesudah membaca Al-Quran ataupun membaca ilmu lainnya yang berkaitan dengan Islam. Berikut adalah beberapa doa yang bisa kita baca sebelum kita mulai belajar:

1. Doa yang pertama adalah “Allahumma inni as’aluka ilman naafi’an wa rizqon waasi’an wa shifaa’an min kulli dzambin”. Artinya adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang banyak, kekuatan dan penyembuhan dari segala penyakit”.

2. Doa yang kedua adalah “Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ilmi laa yanfa’u, wa minal qalbi laa yakhsha’u, wa minan nafsi laa yashsha’u, wa minal ma’asi laa yudillu bih”. Artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak tenteram, jiwa yang tidak tenang dan dari kesusahan yang tidak berujung”.

3. Doa yang ketiga adalah “Allahummaghfir li dzunuubi waftah li abwabba rahmatika”. Artinya adalah “Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukalah pintu rahmat-Mu untukku”.

4. Doa yang keempat adalah “Allahumma inni a’udzu bika an adhlima syai’an wa an akhfaya hayaatii, wa an a’izzaha qalbii, wa an taj’alaha fi qalbii nooran”. Artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari melakukan sesuatu yang salah, menyembunyikan kebenaran, melemahkan hatiku, dan menjadikan hatiku cahaya”.

5. Doa yang kelima adalah “Allahumma inni a’udzu bika minal kufri wal fusuqi, wa minal jubni wal bida’i”. Artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kemaksiatan, dari kejahatan dan bid’ah”.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Belajar Islam

Membaca doa sebelum belajar Islam memiliki beberapa keutamaan yang perlu kita ketahui. Pertama, dengan membaca doa ini, kita mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Kedua, dengan membaca doa ini, kita berharap agar Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat. Ketiga, selain berharap agar kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat, kita juga berharap Allah SWT memberikan kekuatan dan penyembuhan dari segala penyakit. Terakhir, dengan membaca doa ini, kita berharap agar Allah SWT menjaga kita dari kekafiran dan kemaksiatan, dari kejahatan dan bid’ah.

Kesimpulan

Doa sebelum belajar Islam adalah doa yang diucapkan untuk meminta bantuan dan kemudahan bagi pada saat kita belajar. Membaca doa ini memiliki keutamaan yaitu dengan membaca doa ini, kita mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan-Nya, berharap agar Allah SWT memberikan ilmu yang bermanfaat, kekuatan dan penyembuhan dari segala penyakit, dan juga menjaga kita dari kekafiran dan kemaksiatan, dari kejahatan dan bid’ah.