Doa Salat Istikharah Beserta Artinya
Doa Salat Istikharah Beserta Artinya

Doa Salat Istikharah Beserta Artinya

Salat Istikharah adalah doa yang biasa disebut untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk dan kemudahan dalam mengambil sebuah keputusan. Orang yang sedang bingung dan tidak yakin dengan keputusan yang akan diambil, biasanya akan mengadakan salat istikharah. Dengan doa ini, seseorang akan dimudahkan oleh Allah SWT dalam menentukan keputusan yang terbaik.

Doa salat istikharah diawali dengan bacaan niat salat istikharah. Doa ini diucapkan dengan lafal “Nawaitu an usalliya lillahi ta’ala istikharah”. Artinya adalah “Aku niat melakukan salat istikharah karena Allah Ta’ala”. Setelah itu, orang yang melakukan salat istikharah akan mengucapkan doa yang berisi permohonan kepada Allah SWT untuk dimudahkan dalam mengambil keputusan.

Doa salat istikharah yang dibaca setelah niat salat istikharah biasanya berbunyi, “Allaahumma innii astakheeruka bi ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as’aluka min fadhlika al-‘azlii fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul-ghuyoob. Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzaa (sampaikan masalah yang ingin diselesaikan) khayrun li fi dzunuubii wa aqibatii amrii (atau ‘ajilii amrii wa ajilii hi) faqdurhu li wa yassirhu li thumma barik li fiih. Allaahumma wa in kunta ta’lam anna haadzaa sharrun li fi dzunuubii wa aqibatii amrii faqdur li al-khayra haithu kana thumma ardhini bihi.”

Arti dari doa tersebut adalah, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dengan keutamaan-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Menentukan dan tidak ada yang dapat menentukan sesuatu selain Engkau, dan Engkau Maha Mengetahui, dan tidak ada yang mengetahui selain Engkau. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa hal ini (sampaikan masalah yang ingin diselesaikan) lebih baik bagiku dari segi dosaku dan akhir urusanku, maka tentukanlah dan mudahkanlah untukku dan berilah berkah padanya. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa hal ini buruk bagiku dari segi dosaku dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku yang lebih baik daripadanya dan mudahkanlah untukku.

Selanjutnya, setelah doa salat istikharah selesai dibaca, orang yang melakukan salat istikharah kemudian akan membaca doa dzikir dan berdoa dengan lafal “Ya Rabbi yaa Qudduus, ya Rabbal ‘izzati wa jalaalihi, as aluka khayra ma taqdiro wa u’izzo wa udzloo wa yassirla wa a’izzo wa adzloo ila ma syaa-a wa tardho wa qinaa ‘azaaban naar.” Artinya adalah “Wahai Tuhan Yang Mahasuci, wahai Tuhanku yang memiliki kemuliaan dan keagungan, aku memohon kepada-Mu kebaikan yang telah Engkau tentukan, dengan kekuatan, kemuliaan dan kemudahan, untuk melakukan apa yang Engkau suka dan Engkau ridhai, serta untuk menghindarkan diri dari murka dan siksa neraka”.

Setelah itu, orang yang melakukan salat istikharah bisa melanjutkan shalatnya dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya sesuai keinginannya. Orang yang melakukan salat istikharah juga bisa membaca doa-doa lainnya sesuai hajatnya masing-masing. Pada akhirnya, orang yang melakukan salat istikharah harus berserah diri kepada Allah SWT dan percaya bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk untuknya.

Kesimpulan

Salat Istikharah adalah salat yang biasa dilakukan untuk memohon petunjuk dan kemudahan dalam mengambil keputusan yang sulit. Doa salat istikharah diucapkan setelah niat salat istikharah. Doa salat istikharah yang biasa dibaca berisi permohonan kepada Allah SWT untuk dimudahkan dalam menentukan keputusan yang terbaik. Selain doa salat istikharah, orang yang melakukan salat istikharah juga harus membaca doa dzikir dan berdoa dengan lafal tertentu. Setelah itu, seseorang yang melakukan salat istikharah harus berserah diri kepada Allah SWT dan percaya bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk untuknya.

Kesimpulan

Salat Istikharah adalah salat yang dapat dilakukan untuk memohon petunjuk dan kemudahan dalam mengambil keputusan yang sulit. Doa salat istikharah yang biasa dibaca berisi permohonan kepada Allah SWT untuk dimudahkan dalam menentukan keputusan terbaik. Seseorang yang melakukan salat istikharah harus membaca doa salat istikharah, doa dzikir dan berdoa dengan lafal tertentu. Setelah itu, orang yang melakukan salat istikharah harus berserah diri kepada Allah SWT dan percaya bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk untuknya.