Doa Salat Dhuha Beserta Artinya
Doa Salat Dhuha Beserta Artinya

Doa Salat Dhuha Beserta Artinya

Doa Salat Dhuha adalah salat sunnah yang dikerjakan oleh umat muslim pada pagi hari. Doa ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, sehingga banyak para ulama yang menganjurkan untuk mengerjakannya. Doa Salat Dhuha ini memiliki arti yang luar biasa, seperti meningkatkan kekuatan untuk beribadah kepada Allah SWT. Doa ini juga merupakan salat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kapan Harus Mengerjakan Salat Dhuha?

Salat Dhuha dapat dilakukan pada waktu antara subuh hingga terbit matahari. Namun para ulama berbeda pendapat dalam menentukan waktu yang tepat untuk melakukan salat ini. Seseorang dapat memulai salat Dhuha setelah matahari naik sekitar 1/7 dari langit, seperti yang disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Para ulama juga menyarankan untuk mengerjakan salat Dhuha sebelum terbit matahari atau setelah matahari terbit sekitar 1/7 dari langit.

Doa Salat Dhuha Beserta Artinya

Doa Salat Dhuha yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:”Allaahumma innii as’aluka min fadhlika wa rizqik wa shalawatika wa barakaatika”. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu, rezeki-Mu, shalawat-Mu dan berkah-Mu”.

Doa ini juga dapat diganti dengan doa lainnya seperti: “Subhaanaka Allaahumma wa bihamdika, a’uthu billaahi minash shaytaanir rajeem. Bismillaahir rahmaanir raheem. Alhamdulillaahi rabbil ‘aalameen wa sallallaahu ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa sahbihi wa sallam”. Artinya: “Maha Suci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu. Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Tuhan semesta alam dan semoga Allah memberi berkah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya serta para sahabat dan mereka semua mendapatkan rahmat Allah”.

Bacaan Doa Salat Dhuha

Setelah membaca doa salat Dhuha, seseorang harus membaca beberapa ayat Al-Qur’an sebelum melakukan salat Dhuha. Ayat yang dibaca bisa berupa ayat-ayat Al-Qur’an yang pendek atau ayat-ayat yang panjang. Selain itu, orang juga bisa membaca surat-surat pendek seperti surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas dan lainnya. Setelah membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan surat-surat pendek, seseorang harus membaca doa salat Dhuha lagi.

Keutamaan Salat Dhuha

Mengikuti salat Dhuha memiliki banyak keistimewaan dan manfaat. Hal ini dikarenakan salat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan manfaat di sisi Allah SWT. Salat Dhuha diyakini dapat meningkatkan kekuatan untuk beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, salat Dhuha juga diyakini dapat menghapus dosa-dosa dan meningkatkan keimanan seseorang.

Kesimpulan

Doa Salat Dhuha merupakan salat sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salat ini harus dikerjakan setelah subuh hingga terbit matahari. Doa Salat Dhuha yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah “Allaahumma innii as’aluka min fadhlika wa rizqik wa shalawatika wa barakaatika”. Salat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan manfaat, seperti meningkatkan kekuatan untuk beribadah kepada Allah SWT dan menghapus dosa-dosa.

Kesimpulan

Doa Salat Dhuha adalah salat sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini harus dikerjakan setelah subuh hingga terbit matahari. Doa Salat Dhuha yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah “Allaahumma innii as’aluka min fadhlika wa rizqik wa shalawatika wa barakaatika”. Salat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan manfaat, seperti meningkatkan kekuatan untuk beribadah kepada Allah SWT dan menghapus dosa-dosa.