Doa Salat dan Artinya
Doa Salat dan Artinya

Doa Salat dan Artinya

Doa salat adalah sebuah doa yang dibaca ketika beribadah shalat. Shalat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Doa salat memiliki banyak sekali arti dan makna yang dapat dirasakan oleh para jemaah ketika melaksanakan shalat. Oleh karena itu, ada banyak sekali doa salat yang dibaca oleh para jemaah dan diantaranya adalah doa salat yang berikut ini.

Doa sebelum salat

Doa sebelum salat adalah doa yang dibaca sebelum melaksanakan shalat. Doa ini dibaca untuk meyakinkan diri dan mengingatkan kita untuk selalu menghidupkan niat shalat yang kita lakukan. Doa ini dapat dibaca dalam bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia. Berikut adalah contoh doa sebelum shalat dalam bahasa Arab dan artinya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu).”

Doa selesai salat

Doa selesai salat adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan shalat. Doa ini memiliki banyak sekali makna dan manfaat yang dapat dirasakan oleh para jemaah. Doa ini dapat dibaca dalam bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia. Berikut adalah contoh doa selesai shalat dalam bahasa Arab dan artinya:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي قَضَى عَلَيْنَا الصَّلَاةَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي سَلَّمَنَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menetapkan shalat bagi kita dan segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kita dari godaan setan yang terkutuk.”

Doa Setelah Tasyahud

Doa setelah tasyahud adalah doa yang dibaca setelah melakukan tasyahud. Doa ini memiliki banyak sekali makna dan manfaat yang dapat dirasakan oleh para jemaah. Doa ini dapat dibaca dalam bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia. Berikut adalah contoh doa setelah tasyahud dalam bahasa Arab dan artinya:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan shalawat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

Doa Setelah Salam

Doa setelah salam adalah doa yang dibaca setelah melakukan salam. Doa ini memiliki banyak sekali makna dan manfaat yang dapat dirasakan oleh para jemaah. Doa ini dapat dibaca dalam bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia. Berikut adalah contoh doa setelah salam dalam bahasa Arab dan artinya:

اللّهُمّ إنّي أسْألُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدّنْيَا وَالآخِرَةِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدّجّال

Artinya: “Ya Allah, aku memohon keselamatan di dunia dan akhirat dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Aku juga berlindung kepada-Mu dari fitnah hidup dan mati, serta aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Dajjal.”

Doa Setelah Shalat Jum’at

Doa setelah shalat Jum’at adalah doa yang dibaca setelah melaksanakan shalat Jum’at. Doa ini memiliki banyak sekali makna dan manfaat yang dapat dirasakan oleh para jemaah. Doa ini dapat dibaca dalam bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia. Berikut adalah contoh doa setelah shalat Jum’at dalam bahasa Arab dan artinya:

اللّهُمّ صَلِّ عَلَى مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمّدٍ وَبَارِكْ عَلَيْهِمَا كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ

Artinya: “Ya Allah, limpahkan