Doa Sakaratul Maut dan Artinya
Doa Sakaratul Maut dan Artinya

Doa Sakaratul Maut dan Artinya

Doa sakaratul maut merupakan salah satu doa yang dianjurkan untuk diucapkan setelah selesai melaksanakan shalat. Doa ini juga sering disebut sebagai doa akhir, sebab berisi ucapan terimakasih kepada Allah SWT atas limpahan nikmat-Nya. Doa ini juga menjadi penutup atas segala kebaikan yang telah diterima dan untuk memohon perlindungan dari segala mara bahaya.

Doa sakaratul maut banyak disebutkan dalam berbagai riwayat hadist. Di antaranya adalah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setelah selesai shalat, diucapkanlah doa ini: اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ (Ya Allah, Engkau adalah sebaik-baik keselamatan dan dari-Mu (datang) segala keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Dzat Yang Maha Mulia dan Maha Agung).” (HR. Muslim)

Arti Doa Sakaratul Maut

Arti dari doa sakaratul maut adalah berterimakasih kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya. Doa ini juga menjadi penutup atas segala kebaikan yang telah diterima dan untuk memohon perlindungan dari segala mara bahaya. Doa sakaratul maut juga mengandung doa meminta kebaikan dan keberkahan dalam hidup. Dengan mengucapkan doa ini, seseorang akan terhindar dari segala kejahatan dan kesesatan yang dihadapi. Doa ini juga disertai dengan doa meminta ketenteraman, keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan dalam hidup.

Selain itu, doa sakaratul maut juga mengandung doa untuk memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. Dengan mengucapkan doa ini, seseorang akan terhindar dari berbagai bencana dan musibah yang dihadapi. Selain itu, doa ini juga diucapkan untuk memohon keselamatan dan keberkahan dalam segala hal. Doa ini juga dapat menjadi penyelamat dari segala kesesatan dan kejahatan yang mungkin terjadi.

Faedah dan Manfaat Doa Sakaratul Maut

Doa sakaratul maut sangat bermanfaat bagi orang yang mengucapkannya. Dengan mengucapkan doa ini, seseorang akan terhindar dari segala mara bahaya. Selain itu, doa ini juga dapat menjadi penyelamat bagi orang yang sedang menghadapi bencana. Doa ini juga dapat membantu orang yang sedang menghadapi kesulitan dan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini juga dapat mencegah seseorang dari kesesatan dan kejahatan.

Selain itu, doa sakaratul maut juga dapat menjadi penyelamat bagi orang yang sedang berusaha untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Dengan mengucapkan doa ini, seseorang akan mendapat berkah dan perlindungan dari Allah SWT. Doa ini juga dapat meningkatkan kekuatan spiritual dan menambah kekuatan untuk menghadapi berbagai masalah dan kesulitan dalam kehidupan. Doa ini juga dapat meningkatkan kekuatan mental dan menambah keyakinan dalam diri seseorang.

Cara Mengucapkan Doa Sakaratul Maut

Cara mengucapkan doa sakaratul maut adalah dengan meletakkan tangan kanan pada dada dan mengucapkan doa dengan lafadz yang disebutkan di atas. Setelah itu, seseorang harus meyakini bahwa doa yang diucapkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Setelah mengucapkan doa, seseorang harus meyakini bahwa Allah SWT akan memberikan keselamatan dan perlindungan untuknya. Doa ini juga harus disertai dengan keyakinan dan kesabaran agar doa tersebut dapat terkabul.

Doa Sakaratul Maut dalam Al-Quran

Doa sakaratul maut juga terdapat dalam Al-Quran. Di antaranya adalah ayat berikut:

“Dan sebutlah nama Tuhanmu pada waktu pagi dan petang (dengan mengucapkan doa sakaratul maut), dan beribadahlah kepada-Nya sebagian dari malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu membersihkan (dosa-dosa)mu. Dan sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-A’raf: 205)

Kesimpulan

Kesimpulannya, doa sakaratul maut adalah salah satu doa yang dianjurkan untuk diucapkan setelah selesai melaksanakan shalat. Doa ini berisi ucapan terimakasih dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Doa ini juga mengandung doa memohon kebaikan dan keberkahan dalam hidup serta perlindungan dan pertolongan dari segala mara bahaya. Mengucapkan doa ini juga akan memberikan berkah dan perlindungan bagi orang yang mengucapkannya. Semoga bermanfaat.