Doa Sahur dan Artinya
Doa Sahur dan Artinya

Doa Sahur dan Artinya

Doa sahur adalah doa yang biasa dibaca di waktu sahur. Sahur adalah salah satu ibadah sunnah dalam Islam yang biasa dilakukan sebagai persiapan sebelum berpuasa. Dengan berpuasa, kita bisa mendapatkan banyak kebaikan dan pahala. Salah satunya dengan melakukan doa sahur.

Doa sahur adalah doa yang bisa meningkatkan kualitas ibadah kita selama berpuasa. Doa ini biasa dibaca di waktu sahur sebelum berbuka. Doa ini dibaca dengan niat untuk mendapatkan pahala dan keberkahan di dalam berpuasa. Doa ini juga bisa membantu kita untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Doa sahur juga bisa membantu kita untuk mengingat Allah SWT dan meminta pertolongan-Nya. Dengan membaca doa sahur, kita bisa memohon perlindungan, keselamatan, dan keberkahan di waktu berpuasa. Doa sahur juga bisa membantu kita untuk menjaga kesabaran dan ketabahan di dalam berpuasa.

Di dalam Al Qur’an, ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang doa sahur. Salah satunya adalah surah Al-Muzzammil ayat 5-7 yang berbunyi: “Dan perbanyaklah berdoa di waktu pagi dan petang, sesungguhnya doa-doa itu cukup meringankan (dosa-dosa).” (QS. Al-Muzzammil: 5-7)

Doa sahur juga bisa kita temukan di dalam hadits. Salah satu hadits yang menjelaskan tentang doa sahur adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yaitu: “Barangsiapa yang berdoa di waktu pagi dan petang, maka ia dijamin masuk surga.” ( HR. Bukhari no. 545).

Ada banyak doa yang bisa dibaca saat sahur. Berikut ini adalah beberapa doa sahur dan artinya:

Doa Sahur dan Artinya

1. “Allahumma inni as-aluka ilman nafi’an wa rizqon waasian wa ‘afiyatan min kulli daa’in” (Ya Allah, aku memohon kebajikan, keberkahan, dan keselamatan dari segala cobaan kepada-Mu).

2. “Allahumma inni as-aluka al-afwa wa’l-‘afiyata fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon ampun dan keselamatan di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

3. “Allahumma inni as-aluka min khairin fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon kebaikan di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

4. “Allahumma inni as-aluka al-hasana wa’l-khaira fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon kebaikan dan kebaikan di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

5. “Allahumma inni as-aluka al-husna wa’l-husna fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon keindahan dan keindahan di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

6. “Allahumma inni as-aluka al-karima wa’l-baraka fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon kemurahan dan berkat di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

7. “Allahumma inni as-aluka al-maghfirata wa’l-‘afiyata fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon ampunan dan keselamatan di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

8. “Allahumma inni as-aluka al-najaata wa’l-jawwada fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon kemenangan dan kemenangan di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

9. “Allahumma inni as-aluka al-huda wa’l-‘azima fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon petunjuk dan kekuatan di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

10. “Allahumma inni as-aluka al-‘azima wa’l-falaqa fi dini wa dunyaya wa akhirati” (Ya Allah, aku memohon kekuatan dan pertolongan di dunia, di akhirat, dan di dalam agama).

Kesimpulan

Doa sahur adalah doa yang biasa dibaca di waktu sahur untuk mendapatkan pahala dan keberkahan di dalam berpuasa. Doa ini juga bisa membantu kita untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. Di dalam Al Qur’an dan hadits juga terdapat beberapa doa sahur yang bisa kita lakukan.