Doa Safar Latin dan Artinya
Doa Safar Latin dan Artinya

Doa Safar Latin dan Artinya

Doa safar adalah doa yang disunnahkan untuk dibaca ketika seorang musafir atau pelancong siap untuk melakukan perjalanan. Doa yang dibaca biasanya berisi doa permohonan kepada Allah agar diberikan perlindungan dan dibimbing ke jalan yang benar. Doa safar ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti doa pergi, doa mu’alaf, doa perjalanan, dan lain sebagainya.

Doa safar ini merupakan salah satu tradisi dari agama Islam. Doa safar dibaca dengan tujuan untuk meminta perlindungan dan pemeliharaan kepada Allah SWT. Doa safar biasanya dibacakan oleh orang yang akan melakukan perjalanan, baik jauh maupun dekat. Doa ini juga merupakan bentuk penghormatan yang ditunjukkan kepada Allah SWT.

Doa safar ini berasal dari hadits Rasulullah SAW. Hadits ini berbunyi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang akan berangkat pergi, maka hendaklah ia membaca doa safar ini.” Dalam hadits tersebut, beliau menyebutkan doa safar dalam bahasa Latin. Doa safar Latin ini adalah: “Subhanaka Allahumma, wa bihamdika, ash-hadu an laa ilaaha illa Anta, astaghfiruka wa atoobu ilaik.”

Arti Doa Safar Latin

Doa safar Latin ini berarti: “Maha suci Engkau ya Allah, dan aku memuji-mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Engkau. Aku memohon ampun kepada-Mu dan aku bertobat kepada-Mu.”

Manfaat Doa Safar

Doa safar memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  • Meminta perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam marabahaya yang akan dihadapi selama perjalanan.
  • Meminta perlindungan untuk mencapai tujuan dengan selamat dan lancar.
  • Meminta bimbingan dan kemudahan untuk mencapai tujuan dengan baik dan benar.
  • Meminta pertolongan kepada Allah SWT untuk menghindari segala bentuk marabahaya yang akan dihadapi.
  • Berdoa agar Allah SWT memberikan petunjuk untuk mencapai tujuan dengan baik dan benar.

Doa Safar dalam Bahasa Arab

Doa safar dalam bahasa Arab adalah: “Bismillaahi, tawakkaltu ‘alallaahi, wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah.” Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Doa Safar dalam Bahasa Inggris

Doa safar dalam bahasa Inggris adalah: “In the name of Allah, I trust in Allah, and there is no power and strength except with Allah.” Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Doa Safar dalam Bahasa Indonesia

Doa safar dalam bahasa Indonesia adalah: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.” Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Kesimpulan

Doa safar adalah bentuk penghormatan kepada Allah SWT ketika seseorang akan melakukan perjalanan. Doa safar dibaca dalam bahasa Latin, Arab, Inggris, dan Indonesia. Doa safar memiliki banyak manfaat untuk meminta perlindungan dan petunjuk kepada Allah SWT agar dapat mencapai tujuan dengan selamat dan lancar.