Doa Sabar Arab dan Artinya
Doa Sabar Arab dan Artinya

Doa Sabar Arab dan Artinya

Doa sabar adalah salah satu cara untuk meminta kepada Allah agar diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi segala cobaan. Doa sabar dapat juga dibaca sewaktu dalam kondisi susah ataupun senang. Orang yang banyak berdoa sabar, akan diberikan oleh Allah kekuatan, ketabahan, dan keberanian untuk menghadapi segala ujian yang datang.

Doa sabar dapat dibaca dalam banyak bahasa, salah satunya adalah bahasa Arab. Berikut ini adalah doa sabar Arab dan artinya:

Doa Sabar Arab dan Artinya

Doa Sabar pertama adalah “اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tiada Tuhan selain Engkau”.

Doa Sabar kedua adalah “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَفَاءَ وَالْكَرَمَ وَالْعَفَافَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kekokohan, kemuliaan, dan kemurnian (moral). Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku lihat dan yang aku takutkan”.

Doa Sabar ketiga adalah “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima (di sisi-Mu)”.

Doa Sabar keempat adalah “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, ampunilah aku atas apa yang telah aku lakukan, yang telah aku sembunyikan, yang telah aku sampaikan, dan yang telah aku umumkan”.

Doa Sabar kelima adalah “اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبَرَصِ، وَالْجُنُونِ، وَالْجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari luka, gila, sengsara, dan dari berbagai penyakit yang buruk”.

Doa Sabar keenam adalah “اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, malas, takut, dan dari kerapuhan”.

Doa Sabar ketujuh adalah “اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ، وَشَرِّ الأَنْفُسِ وَالشَّيَاطِينِ”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah yang ditimbulkan oleh Dajjal, dan buruknya diri dan setan-setan”.

Doa Sabar kedelapan adalah “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاهْدِنِي وَارْزُقْنِي وَعَافِنِي”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, tunjukilah aku jalan yang lurus, rezekikan aku, dan berilah kesehatan kepadaku”.

Doa Sabar kesembilan adalah “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ، وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ”. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Ya Allah, ampunilah aku dan orang tua-ku, serta para laki-laki dan perempuan yang beriman”.

Kesimpulan

Doa sabar adalah salah satu cara untuk memohon pertolongan dan kekuatan dari Allah. Doa sabar dapat dibaca dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Arab. Di atas adalah beberapa doa sabar Arab dan artinya dalam bahasa Indonesia. Semoga doa-doa tersebut dapat membantu untuk meminta kekuatan dan pertolongan dari Allah.