Doa Saat Duduk Diantara Dua Sujud dan Artinya
Doa Saat Duduk Diantara Dua Sujud dan Artinya

Doa Saat Duduk Diantara Dua Sujud dan Artinya

Doa saat duduk diantara dua sujud adalah salah satu bentuk ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Doa ini juga disebut dengan sebutan tahiyatul wudhu atau tahiyatul masjid. Doa ini ditujukan untuk menghormati Allah SWT dan untuk memohon ampunan dari-Nya.

Doa saat duduk diantara dua sujud adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau mengajarkan doa ini agar kita bisa beribadah dengan lebih baik kepada Allah SWT. Doa ini juga diperintahkan agar kita bisa memohon ampun dan berkat dari Allah SWT.

Doa saat duduk diantara dua sujud merupakan doa yang dibaca setelah melakukan sujud. Kita harus membaca doa ini dengan penuh kerendahan hati dan takwa kepada Allah SWT. Doa ini juga dapat membantu kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Doa saat duduk diantara dua sujud terdiri dari beberapa ayat Al-Qur’an dan hadist-hadist Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah doa yang biasa dibaca oleh orang-orang muslim:

“Subhanaka Allahumma wa bihamdika, ash-hadu an la ilaha illa anta, astaghfiruka wa atubu ilayk” (QS. Al-An’am:162)

Arti dari doa ini adalah: “Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu”. Doa ini dibaca setelah melakukan sujud dan sebelum bangun lagi.

Selain itu, dalam doa saat duduk diantara dua sujud terdapat juga doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah doa yang beliau baca:

“Allahumma antas salamu, wa minkas salamu, tabarakta ya dzaljalali wal ikram” (HR. Muslim)

Arti dari doa ini adalah: “Ya Allah, Engkaulah yang menciptakan keselamatan, dan dari-Mu datang keselamatan. Mahasuci Engkau, ya Dzat Yang Maha Agung dan Maha Mulia”.

Doa saat duduk diantara dua sujud bukan hanya sekedar membaca doa saja, tapi juga harus dilakukan dengan penuh kerendahan hati dan takwa kepada Allah SWT. Kita harus memohon ampun, meminta berkat, dan memohon kebaikan dari Allah SWT. Dengan melakukan hal tersebut, kita bisa merasakan kedekatan dengan Allah SWT.

Kesimpulan

Doa saat duduk diantara dua sujud adalah salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar kita bisa memperoleh ampunan dan berkat dari Allah SWT. Doa ini terdiri dari beberapa ayat Al-Qur’an dan hadist Nabi Muhammad SAW. Kita harus membaca doa ini dengan penuh kerendahan hati dan takwa kepada Allah SWT, agar kita bisa mendekatkan diri kepada-Nya.