Doa Ruku Arab dan Artinya
Doa Ruku Arab dan Artinya

Doa Ruku Arab dan Artinya

Doa ruku adalah salah satu dari lima jenis doa yang harus dilakukan setiap hari oleh umat muslim. Doa ruku adalah doa yang dibaca ketika kita sujud kepada Allah SWT. Doa ruku merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan telah dituliskan dalam Al-Qur’an. Doa ruku dibaca dalam bahasa Arab, sehingga membuat orang yang tidak menguasai bahasa Arab menjadi kesulitan untuk memahaminya.

Doa ruku dipercaya sebagai salah satu cara untuk meraih keberkahan dan mendapatkan ridha Allah SWT. Doa ruku adalah doa yang harus dilakukan setiap hari oleh umat muslim. Doa ini merupakan doa yang paling penting dalam ibadah kita sehingga perlu kita ketahui artinya. Berikut adalah doa ruku Arab dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Doa Ruku Arab dan Artinya

1. Subhanal Malikil ‘Adhiim (Maha Suci Tuhan Yang Maha Agung)

Artinya: Maha Suci Tuhan Yang Maha Agung, Yang Maha Mulia, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Pemberi Rezeki, Yang Maha Memberi Kekuatan, Yang Maha Pemberi Kebahagiaan.

2. Rabbanaa wa lakaal-hamdu (Tuhan kami, dan segala pujian)

Artinya: Tuhan kami, dan segala pujian bagi-Mu, Engkau yang memiliki segala kekuasaan, Engkau yang maha berkuasa, Engkau yang maha penyayang dan maha pengasih.

3. Maliki yawmi Deen (Penguasa hari pembalasan)

Artinya: Penguasa hari pembalasan, Engkau yang menguasai segala sesuatu, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Mendengar.

4. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (Kepada-Mu kami menyembah dan kepada-Mu kami meminta perlindungan)

Artinya: Kepada-Mu kami menyembah dan kepada-Mu kami meminta perlindungan, Engkau yang menjaga dan memelihara segala sesuatu, Engkau yang menentukan kebaikan dan keburukan bagi semuanya.

5. Ihdinash shirothol mustaqim (Tunjukkanlah kami jalan yang lurus)

Artinya: Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, yang mengantarkan kami ke jalan yang benar, yang mengantarkan kami ke arah kebaikan, yang membawa kami kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

6. Shirothol laziina an’amta ‘alaihim (Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka)

Artinya: Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, yang telah Engkau berikan kepada mereka rahmat dan kenikmatan, yang telah Engkau berikan kepada mereka kehidupan yang penuh berkah.

7. Ghoiril maghfirathi wali-dzunubi (Maafkanlah dosa-dosa kami dan segala kesalahan kami)

Artinya: Maafkanlah dosa-dosa kami dan segala kesalahan kami, yang telah kami lakukan tanpa sadar, yang telah kami lakukan dengan sengaja, yang telah kami lakukan dengan kesalahan.

8. Wali-dzal jaddi (Dan jauhkanlah kami dari kejahatan)

Artinya: Dan jauhkanlah kami dari kejahatan, yang dapat menjerumuskan kami kedalam kesesatan, yang dapat mengantarkan kami kedalam kebinasaan, yang dapat menghancurkan kehidupan kami.

9. Wal-makhthi yawmi ad-deen (Dan berilah kebaikan pada hari pembalasan)

Artinya: Dan berilah kebaikan pada hari pembalasan, yang akan memberi kami rahmat, yang akan memberi kami limpahan berkah, yang akan memberi kami kebahagiaan abadi.

10. Innaka ala kulli syai-in qodiir (Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu)

Artinya: Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu, Engkau yang mengatur segala sesuatu, Engkau yang mengetahui segala sesuatu, Engkau yang menentukan segala sesuatu.

Kesimpulan

Doa ruku Arab dan artinya merupakan salah satu jenis doa yang harus dilakukan setiap hari oleh umat muslim. Dengan mengetahui arti doa ruku Arab, kita dapat memahami dan menghayati doa tersebut ketika kita melakukan ruku. Doa ruku Arab dan artinya dapat membantu kita untuk meraih keberkahan dan mendapatkan ridha Allah SWT.