Doa Robbisrohli dan Artinya
Doa Robbisrohli dan Artinya

Doa Robbisrohli dan Artinya

Robbisrohli adalah singkatan dari doa Rabbanâ sallallâhu alayhi wa sallam yang terdiri dari tiga kalimat. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW (shalallahu ‘alaihi wasallam) untuk memohon kepada Allah SWT agar diampuni dosa-dosa dan diberikan keselamatan. Doa Robbisrohli dikatakan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang berbunyi: “Barangsiapa yang membaca doa Rabbanâ sallallâhu alayhi wa sallam tiga kalimat, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya dan memberinya keselamatan.”

Doa Rabbanâ sallallâhu alayhi wa sallam sendiri terdiri dari tiga kalimat yang berbunyi: “Rabbanâ sallallâhu alayhi wa sallam ‘alâ man tafarra’ wa lâ yuqâl ‘anhu syarra.” Kata-kata ini berarti: “Ya Allah, limpahkan kebaikan kepada orang yang mengasihi dan jauhkanlah dia dari kejahatan.”

Doa ini dapat dibaca pada waktu tertentu seperti saat berbuka puasa, saat shalat, dan saat membaca Al-Qur’an. Doa ini juga dapat digunakan sebagai doa permohonan keselamatan dan kesembuhan. Doa ini juga biasa digunakan sebagai doa sebelum melakukan sesuatu untuk memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan segala urusannya. Doa ini juga dapat digunakan untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Doa ini juga dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur, terima kasih, dan kepasrahan kepada Allah SWT. Doa ini dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang kepada Allah SWT. Doa ini juga dapat digunakan sebagai doa istighfar untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Selain itu, doa ini juga dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur dan pengharapan kepada Allah SWT. Doa ini juga dapat digunakan untuk memohon pertolongan, kekuatan, dan keberuntungan kepada Allah SWT. Doa ini juga dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT untuk selalu memberikan pertolongan dan kesejahteraan.

Doa ini juga dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diridhai dan dikurniakan dengan keberkatan. Doa ini juga dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala keburukan dan kejahatan. Doa ini juga dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur dan kepasrahan kepada Allah SWT.

Doa ini juga dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan kesabaran, ketabahan, dan kekuatan. Doa ini juga dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT untuk selalu memberikan pertolongan dan kesejahteraan. Doa ini juga dapat digunakan untuk memohon perlindungan dan pelindung dari Allah SWT.

Makna Doa Robbisrohli

Doa Robbisrohli memiliki makna yang sangat dalam. Kata “Rabbanâ” yang terdapat dalam doa ini berarti “Ya Allah”, yang menunjukkan kepada kedekatan kita kepada Allah SWT. Kata “sallallâhu alayhi wa sallam” yang terdapat dalam doa ini menunjukkan bahwa kita selalu memohon kepada Allah SWT dengan nama-Nya yang mulia. “Alâ man tafarra’” berarti “kepada orang yang mengasihi” yang menunjukkan bahwa kita selalu memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kebaikan kepada mereka yang mengasihi-Nya. Sedangkan “wa lâ yuqâl ‘anhu syarra” berarti “jauhkanlah dia dari kejahatan” yang menunjukkan bahwa kita selalu memohon kepada Allah SWT untuk menjaga kita dari segala bentuk kejahatan.

Manfaat Doa Robbisrohli

Doa Robbisrohli memiliki manfaat yang sangat luas bagi mereka yang membacanya. Manfaat utama dari doa ini adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar diampuni dosa-dosa dan diberikan keselamatan. Selain itu, doa ini juga dapat digunakan untuk meminta pertolongan, kekuatan, dan keberuntungan. Doa ini juga dapat digunakan untuk meminta perlindungan dan pelindung dari Allah SWT. Doa ini juga dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur, terima kasih, dan kepasrahan kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Doa Robbisrohli adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW (shalallahu ‘alaihi wasallam). Doa ini terdiri dari tiga kalimat yang berbunyi: “Rabbanâ sallallâhu alayhi wa sallam ‘alâ man tafarra’ wa lâ yuqâl ‘anhu syarra.” Doa ini dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan segala urusannya, memohon ampunan dan keselamatan, meminta pertolongan, kekuatan, dan keberuntungan, dan mengungkapkan rasa syukur, terima kasih, dan kepasrahan. Doa ini memiliki makna yang sangat dalam dan manfaat yang luas bagi mereka yang membacanya.