Doa Qurban Beserta Artinya
Doa Qurban Beserta Artinya

Doa Qurban Beserta Artinya

Qurban adalah salah satu amalan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dengan melakukan ibadah qurban, kita akan mendapatkan nikmat dan rahmat Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus tahu bagaimana cara berdoa ketika qurban. Berikut adalah doa qurban beserta artinya yang dapat Anda gunakan.

Doa untuk Haidh Al-Qurban

Doa yang dibaca ketika melakukan ibadah haidh al-Qurban adalah sebagai berikut: “Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar wa lillaahi’l-hamd”. Maksudnya adalah “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan milik Allahlah segala puji”.

Doa ketika memotong hewan qurban

Doa yang dibaca ketika memotong hewan qurban adalah sebagai berikut: “Bismillah wa Allaahu akbar”. Maksudnya adalah “Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar”. Doa ini dibaca ketika hewan qurban sedang dipotong untuk dijadikan kurban.

Doa ketika menyembelih hewan qurban

Doa yang dibaca ketika menyembelih hewan qurban adalah sebagai berikut: “Allahu akbar, Allahu akbar, wa lillaahi’l-hamd”. Maksudnya adalah “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, milik Allahlah segala puji”. Doa ini dibaca ketika hewan qurban sedang disembelih.

Doa ketika menyembelih kambing qurban

Doa yang dibaca ketika menyembelih kambing qurban adalah sebagai berikut: “Allaahumma laka-l-hamdu anta qabdalta haadzihi wa razaqta-hu minni, fa-l-hamdu lillahi wa salaamu ‘alayka yaa rasulallah”. Maksudnya adalah “Ya Allah, milik-Mu segala puji, Engkau yang telah mengambil (kurban) ini dan yang telah memberiku rezeki padanya, maka segala puji bagi Allah dan shalawat atasmu ya Rasulullah”.

Doa untuk memohon ampunan dan rahmat Allah SWT

Doa yang dibaca ketika berdoa untuk memohon ampunan dan rahmat Allah SWT adalah sebagai berikut: “Rabbana taqabbal minna innaka antas-samii’ul-‘aliim”. Maksudnya adalah “Ya Tuhan kami, terimalah dari kami, sesungguhnya Engkaulah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Doa ketika menyembelih unta qurban

Doa yang dibaca ketika menyembelih unta qurban adalah sebagai berikut: “Allaahumma hadha qurbanun laka wa a’tihi ‘an ‘ibaadikas-saaliheen”. Maksudnya adalah “Ya Allah, ini adalah qurban untuk-Mu dan aku mengutusnya dengan niat baik kepada hamba-hamba-Mu yang saleh”.

Doa ketika menyembelih sapi qurban

Doa yang dibaca ketika menyembelih sapi qurban adalah sebagai berikut: “Allaahumma hadha qurbanun laka wa a’tihi ‘an ‘ibaadikas-saaliheen wa laka’l-hamd”. Maksudnya adalah “Ya Allah, ini adalah qurban untuk-Mu dan aku mengutusnya dengan niat baik kepada hamba-hamba-Mu yang saleh dan milik-Mu segala puji”.

Doa ketika menyembelih kuda qurban

Doa yang dibaca ketika menyembelih kuda qurban adalah sebagai berikut: “Allaahumma hadha qurbanun laka wa a’tihi ‘an ‘ibaadikas-saaliheen wa laka’l-hamd wa lillahi’l-mulku wa lillahi’l-hamdu”. Maksudnya adalah “Ya Allah, ini adalah qurban untuk-Mu dan aku mengutusnya dengan niat baik kepada hamba-hamba-Mu yang saleh, milik Allahlah segala puji, milik Allahlah segala kekuasaan dan milik Allahlah segala pujian”.

Kesimpulan

Dari uraian diatas, kita dapat melihat bahwa qurban adalah ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Untuk melaksanakan ibadah tersebut, kita harus tahu bagaimana cara berdoa ketika qurban. Doa qurban yang disebutkan di atas merupakan doa yang biasa dibaca ketika berqurban. Dengan menyebutkan doa qurban ini, kita dapat memohon ampunan dan rahmat Allah SWT. Semoga Allah SWT menerima kurban kita dan memberikan keberkahan kepada kita semuanya.