Doa Qunut Subuh Arab, Latin dan Artinya
Doa Qunut Subuh Arab, Latin dan Artinya

Doa Qunut Subuh Arab, Latin dan Artinya

Doa qunut merupakan salah satu doa yang diucapkan saat shalat subuh. Doa qunut sendiri merupakan sebuah doa atau permohonan yang dilontarkan oleh seseorang kepada Allah SWT. Doa qunut ini biasanya punya bahasa Arab, Latin dan artinya yang berbeda. Namun yang paling penting adalah arti dari doa qunut tersebut.

Doa qunut ini sering diucapkan oleh jamaah ketika melaksanakan shalat subuh. Doa qunut yang disyaratkan dalam shalat subuh hanya diucapkan setelah orang yang shalat sudah berdiri untuk i’tidal. Pada saat ini, doa qunut merupakan salah satu rukun dari shalat subuh. Jika orang yang shalat tidak mengucapkan doa qunut maka kewajiban itu tidak terpenuhi.

Doa qunut sendiri bisa dibaca dalam bahasa Arab, Latin dan juga artinya. Namun, sebagian besar orang yang shalat cenderung mengucapkan doa qunut dalam bahasa Arab. Hal ini karena dianggap lebih baik untuk mengucapkan doa dalam bahasa Arab karena merupakan bahasa yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW. Di sisi lain, ada juga beberapa orang yang lebih suka mengucapkan doa qunut dalam bahasa Latin dan artinya.

Berikut ini adalah beberapa contoh doa qunut Subuh Arab, Latin dan artinya:

Doa Qunut Subuh Arab

اَللَّهُمَّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّوَابُ، وَبِحَقِّكَ فَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ

Doa Qunut Subuh Latin

Allahumma a’udzu bika min sharri nafsi wa min sharrish shaitan wa shirkih. Allahumma antas-sawabu, wa bi-haqqik faaslih li sha’ni kullahu, wa la takilni ila nafsi tarfata ‘ainin.

Arti Doa Qunut Subuh

Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kejahatan diriku dan kejahatan setan dan perbuatannya yang melampaui batas. Ya Allah, Engkaulah yang paling benar, dengan kebenaran-Mu, berilah kebaikan terhadap semua urusanku dan jangan biarkan aku tertipu oleh diriku sendiri.

Selain doa qunut Subuh di atas, ada juga beberapa doa qunut lainnya yang sering diucapkan. Selain itu, ada juga beberapa contoh doa qunut yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu arti dari doa qunut tersebut sebelum mengucapkannya.

Kesimpulan

Doa qunut adalah salah satu rukun dalam shalat subuh. Saat melaksanakan shalat subuh, doa qunut harus diucapkan oleh jamaah. Doa qunut sendiri bisa dibaca dalam bahasa Arab, Latin maupun artinya. Selain itu, ada juga beberapa contoh doa qunut lainnya yang bisa Anda gunakan. Namun, jangan lupa untuk memahami arti dari doa qunut tersebut sebelum mengucapkannya.