Doa Qunut Lengkap Dengan Artinya
Doa Qunut Lengkap Dengan Artinya

Doa Qunut Lengkap Dengan Artinya

Doa qunut adalah salah satu doa yang biasa dibaca pada saat shalat subuh. Doa qunut sangat dianjurkan bagi orang-orang yang menyukai ibadah sunnah. Doa qunut merupakan doa yang dibaca sebelum ruku dan berisi doa untuk kebaikan umat muslim. Doa qunut dibaca dengan jelas agar dapat diketahui artinya. Berikut adalah doa qunut lengkap beserta artinya.

Doa Qunut Arab

Doa qunut dalam bahasa Arab sebagai berikut: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّداً الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُوداً الَّذِي وَعَدْتَهُ، إِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيعَادَ.

Arti Doa Qunut

Berikut adalah arti doa qunut dalam bahasa Indonesia: “Ya Allah, Tuhan dari doa ini yang sempurna dan shalat yang dikerjakan, berilah kepada Muhammad perantaraan dan kemuliaan, dan bangkitkan dia ke tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan. Sungguh Engkau tidak mengingkari janji.”

Doa Qunut yang Disunnahkan

Banyak orang yang bingung tentang doa qunut yang disunnahkan. Beberapa ulama bahkan mengatakan bahwa tidak ada doa qunut yang disunnahkan. Namun, ada beberapa doa qunut yang disunnahkan. Berikut adalah beberapa doa qunut yang disunnahkan:

  • “Ya Allah, wahai Tuhan yang menguasai ketinggian dan kerendahan, hanya Engkau yang dapat menolong dan membantu hamba-hamba-Mu. Ya Allah, limpahkanlah nikmat-Mu kepada kami dan kabulkanlah doa kami.”
  • “Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada kami, berikanlah kami pertolongan, limpahkanlah kebaikan kepada kami, sertakanlah kami dalam rahmat-Mu, dan jagalah kami dari segala kejahatan, Ya Allah.”
  • “Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada orang-orang yang beriman di alam semesta, dan jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang beriman. Ya Allah, limpahkanlah kebajikan kepada kami.”
  • “Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada kami, sertakanlah kami dalam rahmat-Mu, dan berilah kami keberkahan di dunia dan akhirat.”

Kapan Membaca Doa Qunut

Doa qunut sebaiknya dibaca pada saat shalat subuh. Ketika kita telah membaca takbiratul ihram dan berdiri, kita dianjurkan untuk membaca doa qunut. Setelah membaca doa qunut, kita harus ruku dengan berdzikir kepada Allah. Doa qunut boleh dibaca dalam bahasa apapun. Bahkan, doa qunut yang paling disunnahkan adalah dalam bahasa Arab.

Keutamaan Doa Qunut

Doa qunut memiliki banyak keutamaan. Dari segi agama, doa qunut merupakan doa sunnah yang dianjurkan untuk dibaca. Dari segi lain, doa qunut juga dipercaya dapat mendatangkan berkah bagi orang yang membacanya. Dengan membaca doa qunut, kita juga dapat melepaskan diri dari berbagai kesulitan dan masalah.

Doa Qunut Niat Sholat

Doa qunut juga dapat digunakan untuk niat sholat. Ketika membaca doa qunut untuk niat sholat, kita harus mengganti kata “doa” dengan “shalat”. Berikut adalah contoh doa qunut untuk niat sholat: “Ya Allah, Tuhan dari shalat ini yang sempurna dan shalat yang dikerjakan, berilah kepada Muhammad perantaraan dan kemuliaan, dan bangkitkan dia ke tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan. Sungguh Engkau tidak mengingkari janji.”

Kesimpulan

Doa qunut adalah doa sunnah yang dibaca pada saat shalat subuh. Doa qunut dibaca dengan jelas dan dalam bahasa Arab. Doa qunut tidak hanya bermanfaat untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun juga bermanfaat untuk menghilangkan berbagai masalah. Doa qunut juga dapat digunakan untuk niat sholat. Semoga doa qunut yang kita baca dapat menjadi amalan yang baik dan mendatangkan berkah bagi kita semua.