Doa Qunut Lengkap dan Artinya
Doa Qunut Lengkap dan Artinya

Doa Qunut Lengkap dan Artinya

Doa qunut merupakan salah satu doa yang diutarakan sesudah ruku’ pada salat subuh. Doa qunut biasanya diucapkan dengan nada yang mendalam dan berdiri lagi setelah melakukan ruku’. Doa ini pada umumnya diucapkan dengan lafaz tertentu dan tergantung pada mazhab yang dipakai. Doa qunut bahkan menjadi bagian dari rukun salat yang harus dilaksanakan oleh umat muslim.

Doa qunut adalah doa sunnah, yang artinya bisa dilakukan ataupun tidak. Namun, sebaiknya umat muslim tetap melakukannya karena doa qunut memiliki keutamaan tersendiri. Sebab, doa qunut biasanya diucapkan untuk meminta perlindungan dari Allah SWT dari segala bentuk gangguan dan bahaya.

Doa qunut sendiri memiliki dua jenis, yaitu qunut nazilah dan qunut witir. Qunut nazilah biasanya diucapkan sesudah ruku’ saat salat subuh. Sementara qunut witir diucapkan setelah melakukan salam, sesudah salat witir atau shalat malam. Doa qunut biasanya diucapkan dalam bahasa Arab dengan arti yang berbeda-beda. Berikut ini adalah doa qunut lengkap dan artinya.

Doa Qunut Nazilah

Berikut adalah doa qunut nazilah dengan lafaz Arab dan artinya:

اَللّهُمَّ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٍ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ فَوْجِ الْكَرَبِ وَسَيْئَاتِ الأَخْلاَقِ وَكُلِّ بِلاَءٍ وَشَرِّ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Ya Allah, Rabb semua makhluk, aku memohon kepadaMu segala kebaikan dan segala yang baik di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari segala keburukan dan segala yang buruk di dalamnya. Ya Rabb, aku berlindung kepadaMu dari siksaan hari kiamat, keburukan akhlak, dan segala bencana dan keburukan.”

Doa Qunut Witir

Berikut adalah doa qunut witir dengan lafaz Arab dan artinya:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْأَمْرِ كُلِّهِ وَخَيْرَ الْخَوَاتِمِ كُلِّهِ، وَخَيْرَ الْأَنْبِيَاءِ كُلِّهِ، وَخَيْرَ الْأَوْلِيَاءِ كُلِّهِ، وَخَيْرَ الْمُرْسَلِينَ كُلِّهِ، وَخَيْرَ الْمُحْصِنِينَ كُلِّهِ وَخَيْرَ النِّسَاءِ كُلِّهِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu segala kebaikan seluruhnya, segala hikmah seluruhnya, segala nabi seluruhnya, segala wali seluruhnya, segala rasul seluruhnya, segala yang berbuat baik seluruhnya, serta segala wanita seluruhnya.”

Kemudian, setelah melakukan ruku’ dan membaca doa qunut, selanjutnya umat muslim harus melakukan sujud dan baca doa sesudah sujud. Selanjutnya, umat muslim harus berdiri lagi setelah itu dan baca doa tasyahhud serta salam. Di akhir, umat muslim bisa mengucapkan doa yang disukai.

Kesimpulan

Doa qunut memiliki dua jenis, yaitu qunut nazilah dan qunut witir. Qunut nazilah diucapkan sesudah ruku’ saat salat subuh, sedangkan qunut witir diucapkan setelah melakukan salam sesudah salat witir atau shalat malam. Doa qunut memiliki keutamaan tersendiri, yaitu untuk meminta perlindungan dari Allah SWT dari segala bentuk gangguan dan bahaya.