Doa Qunut dan Artinya Lengkap
Doa Qunut dan Artinya Lengkap

Doa Qunut dan Artinya Lengkap

Doa Qunut adalah salah satu doa wajib yang diamalkan oleh para muslim. Doa ini disebut juga dengan doa qunut nazilah. Doa ini biasanya dilakukan saat shalat subuh atau shalat witir. Doa qunut juga dipanjatkan saat ada bencana alam, musibah, atau saat ada hajat yang ingin dipenuhi. Doa qunut juga dapat meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah SWT.

Doa qunut seringkali diucapkan dalam bahasa arab. Oleh karena itu, banyak orang yang belum memahami makna dan arti dari doa qunut. Berikut ini adalah doa qunut dan artinya lengkap:

Doa Qunut Terbaru dan Artinya

Doa Qunut Arab: اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk kepada orang yang Engkau beri petunjuk, sembuhkanlah aku dari penyakit yang Engkau sembuhkan, perlindungilah aku dari orang yang Engkau perlindungi, berkahilah aku dengan apa yang Engkau berikan, dan lindungilah aku dari bahaya yang Engkau tetapkan.”

Doa Qunut Nazilah dan Artinya

Doa Qunut Arab: اللهُمَّ أَصْلِحْ لِيْ دِيْنِيْ الَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِيْ وَأَصْلِحْ لِيْ دُنْيَايَ الَّتِيْ فِيْهَا مَعَاشِيْ وَأَصْلِحْ لِيْ آخِرَتِيْ الَّتِيْ فِيْهَا مَعَادِيْ وَاجْعَلْ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِيْ فِيْ كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِيْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Artinya: “Ya Allah, perbaikilah aqidahku yang merupakan pelindung dari segala urusanku, perbaikilah duniaku yang di dalamnya ada rezeki, perbaikilah akhiratku yang di dalamnya ada antara aku denganMu, jadikanlah kehidupan ini sebagai tambahan untukku dalam segala kebaikan, dan jadikanlah kematian sebagai kesenangan bagiku dari segala kejahatan.”

Doa Qunut Singkat dan Artinya

Doa Qunut Arab: اللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohonkan kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat.”

Doa Qunut Syahadat dan Artinya

Doa Qunut Arab: اللهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ دَابَّةٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، إِنَّ رَبِّيْ عَلَيْهِ حَفِيْظٌ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan kejahatan setiap makhluk yang Engkau genggam dengan tangan-Mu. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengawal atasnya.”

Doa Qunut Dua Kalimah Syahadat dan Artinya

Doa Qunut Arab: اللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْإِيْمَانَ بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ وَالْإِخْلَاصَ فِيْ دِيْنِكَ وَالْحَبَّ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُهَاجِرِيْنَ وَالأَنْصَارِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keimanan kepada-Mu, rasul-Mu, ikhlas dalam agamamu, cinta kepada orang-orang mukmin, orang-orang muhajirin, dan orang-orang Anshar.”

Penutup

Itulah beberapa doa qunut dan artinya lengkap yang dapat Anda panjatkan sebagai bentuk ibadah untuk meningkatkan keimanan Anda kepada Allah SWT. Semoga dengan membaca doa qunut ini dapat membantu Anda untuk lebih bersyukur akan nikmat yang telah diberikan oleh-Nya dan dapat menjadi sarana untuk memohon pertolongan-Nya dalam segala sesuatu.