Doa Qunut Arab dan Artinya
Doa Qunut Arab dan Artinya

Doa Qunut Arab dan Artinya

Doa Qunut adalah sebuah doa yang biasa disebutkan ketika umat Muslim melakukan shalat shubuh. Selain itu, doa qunut juga disebutkan pada saat melakukan shalat maghrib, shalat isya, dan juga shalat witir. Dari segi bahasa, qunut berasal dari bahasa arab yang berarti “menahan”.

Doa qunut dapat dibagi menjadi dua, yaitu qunut nazilah dan qunut witir. Qunut nazilah adalah doa yang dibaca di waktu shubuh, maghrib, dan isya. Sementara itu, qunut witir adalah doa yang dibaca saat melakukan shalat witir. Doa qunut juga dapat diartikan sebagai sebuah tindakan mengajukan permohonan kepada Allah SWT untuk meminta ampunan dan rahmat-Nya.

Doa qunut biasanya dibaca dengan menggunakan bahasa Arab. Meskipun demikian, terdapat juga doa qunut yang dibaca dalam bahasa lain seperti bahasa Inggris, Melayu, dan Indonesia. Doa qunut Arab dan artinya pun beragam, namun semuanya memiliki inti yang sama yaitu berdoa kepada Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa contoh doa qunut Arab dan artinya:

Doa Qunut Arab dan Artinya

Doa Qunut Arab 1

Doa qunut Arab yang pertama adalah “Rabbanaa aatina fiddunya hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qina ‘adzaaban naar”. Doa qunut ini dalam bahasa Indonesia berarti “Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan bebaskanlah kami dari siksa neraka”.

Doa Qunut Arab 2

Doa qunut yang kedua adalah “Rabbanaa wa lakaal-hamdu anta qaayyimus-saliwaati anta mawlaa famanaa-s-saa’iloona”. Doa qunut ini dalam bahasa Indonesia berarti “Ya Tuhan kami, segala puji milik-Mu, Engkau Maha Kuasa dan Engkau Maha Pemberi, dan kami hanyalah hamba-hamba-Mu”.

Doa Qunut Arab 3

Doa qunut yang ketiga adalah “Rabbanaa zalamnaa anfusanaa wa il lam tagfirlanaa warhamnaa lanakoonanna minal-khaasireen”. Doa qunut ini dalam bahasa Indonesia berarti “Ya Tuhan kami, kami telah berbuat dosa kepada diri kami sendiri, jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, pasti kami akan termasuk orang-orang yang merugi”.

Doa Qunut Arab 4

Doa qunut yang keempat adalah “Rabbanaa hablanaa min ladunka rahmataw wa hayyinaa min amrinaa rashada”. Doa qunut ini dalam bahasa Indonesia berarti “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami rahmat-Mu dan berikanlah kami petunjuk dalam menjalankan urusan kami”.

Doa Qunut Arab 5

Doa qunut yang kelima adalah “Rabbanaa wa taqabbal duaa’anaa innaka antas-samaa’u-l-‘aliim”. Doa qunut ini dalam bahasa Indonesia berarti “Ya Tuhan kami, terimalah doa kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Kesimpulan

Doa qunut adalah sebuah doa yang biasa disebutkan oleh umat Muslim untuk meminta ampunan dan rahmat kepada Allah SWT. Doa qunut dapat dibagi menjadi qunut nazilah dan qunut witir. Doa qunut biasanya dibaca dalam bahasa Arab, namun juga ada yang dibaca dalam bahasa lain seperti bahasa Inggris, Melayu, dan Indonesia. Di atas adalah beberapa contoh doa qunut Arab dan artinya.