Doa Qunut Subuh Beserta Latin dan Artinya
Doa Qunut Subuh Beserta Latin dan Artinya

Doa Qunut Subuh Beserta Latin dan Artinya

Banyak Muslim memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang doa Qunut sepanjang sejarah. Meski masih termasuk dalam lingkup masjid, hal itu menimbulkan beberapa argumen yang sangat berbeda.

Jika itu menumbuhkan permusuhan di antara saudara-saudara Muslim, ini jelas tidak baik. Bagi kamu umat Islam yang memahami agama akan mengetahui bahwa hal ini tidak akan membuat mereka tersesat. Lebih jauh lagi, berdebat seperti itu akan melahirkan permusuhan.

Oleh karena itu postingan kami kali ini akan memberikan sedikit wawasan kepada kita semua tentang doa sholat subuh qunut.

Penjelasan Tentang Doa Qunut

Membaca qunut saat sholat adalah kebiasaan sunnah. Padahal, shalat qunut adalah sunnah ab’ad, menurut ulama mazhab Syafi’i. Dengan kata lain, umat Islam harus sujud sebelum syahwi jika meninggalkan atau tidak membaca doa qunut.Khususnya, dari pertengahan hingga akhir bulan suci Ramadhan, saat sholat sunnah witir dan sholat subuh.Bergantung pada situasi saat itu, Nabi Muhammad SAW mengucapkan doa Qunut. Banyak hadits mengklaim bahwa pada setiap waktu shalat lima waktu, Nabi Muhammad juga membaca bacaan Qunut.

Lafadz Doa Qunut, Latin, dan Penjelasannya

Lafazd Bacaan Qunut tersedia dalam versi panjang dan pendek, keduanya bisa dibaca saat sholat subuh. Muslim tidak perlu memperdebatkan pilihan mana yang harus dipilih berdasarkan preferensi pribadi. Doa qunut panjang dan pendek adalah sebagai berikut:(gambar)

1.     Lafazd Versi Panjang dan Arti Doa Qunut Bahasa Arab

Lafadz Latin: Allahummah dinii fii man haadaiit, Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallaiit, Wa baarik lii fii ma a’thaiit, Wa qinni birohmatika syarra maa qadhaiit, Fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaiik, Wa innahu la yazillu man wa lait, Wa la ya’izzu man’ adait, Tabarakta rabbana wa ta’alait, Fa lakal hamdu a’la ma qadhait, Astagfiruka wa atubu ilaik, Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin Nabiyyil ummiyyi Wa ‘alaalihi Wa shahbihi Wa salam .Artinya : “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Jagalah aku sebagai orang-orang yang telah Engkau lindungi. dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang berhak menghukum dan tidak dihukum. Tidak akan menghina orang-orang yang telah Engkau jadikan pemimpin. Mencela orang-orang yang telah Engkau lawan. Maha Suci Engkau, ya Tuhan kami dan Yang Maha Tinggi. Bagi-Mu segala puji atas apa yang telah Engkau tentukan. Aku memohon ampunan-Mu dan menyatakan pertobatan kepada-Mu. Semoga Engkau, ya Allah, mencurahkan rahmat dan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarganya dan semua sahabatnya.”

2.     Lafadz Arab Qunut Subuh Pendek Sendiri

Lafadz latin: Allahummah dinii fii man hadaiits, wa ‘aafiinii fii man’aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, Wa baarik lii fii maa a’thaits, Wa qi nii birohmatika syarra maa qadlaits, Fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, Wa innahuu laa yadzillu man waalaits, Tabarakta rabbana wa ta’aalaits.

Artinya: “Ya Allah berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berikanlah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau berikan kesejahteraan, tolonglah aku di antara orang-orang yang Engkau beri bantuan, berilah aku keberkahan dari apa yang telah Engkau berikan kepadaku, dan lindungilah aku dari segala keburukan yang telah Engkau tetapkan, karena sesungguhnya Engkaulah yang berhak menentukan dan tidak diputuskan atas-Mu, dan tidak ada kehinaan bagi mereka yang telah Engkau tolong, Maha Suci Engkau, ya Tuhan kami, yang lebih tinggi.”

Macam-Macam Doa Qunut

Dosen agama sering menjelaskan dua jenis bacaan Qunut dalam ceramah. Bagi kamu umat Islam, mengetahui hal ini diperlukan untuk dapat membedakan keduanya. Berikut ini adalah dua macam bacaan qunut yang wajib diketahui oleh umat muslim:

1.     Qunut Nazilah

Muslim melantunkan Qunut Nazilah, doa qunut, setiap kali terjadi bencana. Menurut mazhab Syafi’i, sunnah Qunut Nazilah diulang setelah setiap shalat lima waktu.Jika shalat berjamaah, maka rombongan itu hanya mengikuti imam, baik itu shalat berjamaah atau sendiri-sendiri. Latihan mengikuti ruku terakhir. Qunut Nazilah juga dipraktekkan di negara kita oleh Indonesia yaitu pada masa pandemi virus Covid 19.Kamu umat Islam wajib membaca Qunut Nazilah, sebagaimana ditentukan oleh MUI dan Ulama. Nabi SAW bersabda:

إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ الرُّكُوعِ شَهْرًا أُرَاهُ كَانَ بَعَثَ قَوْمًا يُقَالُ لَهُمْ الْقُرَّاءُ زُهَاءَ سَبْعِينَ رَجُلًا إِلَى قَوْمٍ مِنْ الْمُشْرِكِينَ دُونَ أُولَئِكَ وَكَانَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَهْدٌ فَقَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَيْهِمْ

Artinya:(HR Abu Dawud dan Ibnu Lahi’ah) “Rasulullah SAW pernah membaca doa qunut sebulan penuh sambil mendoakan salah satu warga daerah Arab.”Ini terjadi karena kamu umat Islam saat itu tertindas akibat berbagai bencana termasuk bencana ar-Raji dan Bir Mau’nah. Selain itu, meski negara makmur, beberapa pemikir sufi menganjurkan dakwah Qunut Nazilah.Karena keragu-raguan dalam hati manusia, menurut sebagian pemikir sufi, itulah yang menyebabkan malapetaka, dan ini harus dihilangkan dengan membaca wasilah Qunut Nazilah,

2.     Qunut Subuh

Sholat qunut yang dilakukan pada saat sholat subuh dianggap sebagai sunnah, menurut kitab Al-Azkar. Menurut hadits shahih yang diriwayatkan Nabi SAW, beliau membaca doa qunut tanpa henti hingga naik ke akhirat.

Ditegaskan bahwa hadits tersebut shahih karena diriwayatkan dalam kitab Arba’in oleh hakim Abu Abdullah.

Sedangkan shalat qunut pada waktu shalat subuh adalah sunnah muakkad, menurut Imam An-Nawawi. Dengan kata lain, meninggalkannya tidak menyelesaikan shalat, meskipun disarankan untuk bersujud di hadapan Syahwi.

Tata Cara Sujud Sawi

Muakkad sunnah adalah Sujud Sahwi (sangat dianjurkan). Namun, orang yang meninggalkan sujud sahwi di tengah-tengah shalat tidak wajib mengulanginya; shalat yang telah dilakukan tetap diterima dan membebaskannya dari kewajibannya.

Namun, situasinya berbeda dalam hal shalat berjamaah. Shalat berjamaah dianggap batal dan perlu diulang jika imam rukuk sahwi dan umat tidak mengikuti. Karena wajib mengikuti imam saat shalat berjamaah.

Hadits Tentang Do’a Qunut

Ulama mazhab Syafi’i telah mengklarifikasi hadits tentang shalat qunut pada shalat subuh.

1.     Hadist 1

عَنْ مُحَمّد قَال: قُلْتُ لِأََنَس: هَلْ قَنَتَ رَسُولُ اللّهِ صلّى اللهُ عليْه وسلّمَ فِي صَلاةِ الصّبْحِ؟ قالَ: نعَمْ بعْدَ الركوعِ يسِيرًا. رواه مسلم

Artinya: Dia bertanya kepada Anas bin Malik melalui Muhammad bin Sirin: Apakah Nabi Qunut saat shalat Subuh? Ya, kata Anas setelah membungkuk sedikit (dengan perbedaan waktu yang singkat). (HR Muslim).

2.     Hadist 2

مَازَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

“Senantiasa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melafalkan qunut saat shalat Subuh hingga terpisah dari bumi (mati),” kata Anas bin Malik.Abdurrazzaq, ath-Thahawi, Imam Ahmad, Ibnu Abi Syaibah, ad-Daruquthni, al-Hakim, dan lainnya semuanya meriwayatkan hadits kedua ini.

3.     Hadist 3

قَنَتَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأ َبُوْبَكْرٍ وَعُمَرُ وَعُثْمَان رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ (وَأَحْسَبُهُمْ قَالَ: رَابِع) حَتَّى فَارَقَهُمْ.أخرجه الدارقطني والبيهقي وقال: لا نحتجّ بإسماعيل ولا بعمرو

Artinya : Sebelum wafat, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar, Umar, dan Utsman semuanya membaca doa qunut.Ad-Daruquthni dan Al-Baihaqi Radiyallahu ‘anhu menceritakan hadits ketiga.

Manfaat Membaca Doa Qunut

Keutamaan shalat qunut, khususnya bagi umat Islam, harus kamu perhatikan dengan baik agar tidak terjadi kerancuan dalam pelaksanaannya.

1.     Akan mendapat perlindungan dari Allah SWT

Kamu dapat selalu dan di mana saja dilindungi karena hanya Allah yang dapat melakukan itu. Kamu secara halus meminta perlindungan Allah terhadap segala jenis penderitaan dan penyakit dalam doa qunut.

2.     Akan Diberkahi Hidupnya di Dunia

Kamu juga memohon berkah Allah SWT sepanjang bacaan qunut. Semua yang Allah berikan akan diberkati. Usia, kesehatan, harta benda, status, istri, dan anak hanyalah beberapa contoh.

3.     Dihindarkan Dari Kejahatan

Dalam qunut, kamu juga bisa meminta untuk dilindungi dari segala keburukan. Allah adalah penentu terakhir, dan Engkau bukanlah penentu terakhir.

4.     Akan Menerima Kemuliaan dan Pembelaan

“Sungguh Engkau menyampaikan hukum, namun Tak Ada Yang Menghukum-Mu. Nyatanya, orang-orang yang Kau perjuangkan tidak akan menderita kehinaan. Selain itu, orang-orang yang Engkau lawan tidak akan mulia. Maha Suci Engkau, ya Tuhan Yang Maha Esa Tinggi.Menurut sebagian makna bacaan qunut, orang yang sering membacanya akan terhindar dari kehinaan. Pembaca juga akan menerima beberapa pembelaan selain pertahanan.

5.     Akan Selalu Diberi Petunjuk

Menurut sebagian ulama, doa qunut meliputi permohonan untuk dimasukkan ke dalam golongan orang yang menerima petunjuk serta permohonan untuk menjauhi segala kesalahan dalam penilaian.

6.     Akan terlindungi dari bahaya

Setiap orang yang menjalankan sholat qunut juga berdoa memohon perlindungan dari segala hal negatif. Bahkan dari qada’ yang buruk karena hanya doa dan izin Allah SWT yang dapat mencegahnya

7.     Mendapat Kasih Sayang Allah

Dalam bacaan qunut, kamu memohon agar Allah mencintai kita. “Cintailah aku seperti kamu mencintai orang lain.”Yang benar adalah apapun yang terjadi, kamu sudah dicintai oleh Allah, jadi itu bukan masalah. Oleh karena itu, Allah memiliki dan mengendalikan segalanya. Segala sesuatu mungkin dilakukan Allah terhadap makhluk-Nya.

Tidak perlu membaca bacaan qunut jika tidak hafal jika ingin tetap mendapat keutamaan doa qunut. Dengan menawarkan bacaan doa singkat yang bisa menggantikan bacaan lafadz qunut, para ulama menawarkan solusi bagi yang tidak hafal bacaan qunut.

Karena shalat qunut dilakukan di tengah-tengah shalat lain, maka memberikan manfaat yang unik. Bacaan yang sangat singkat dapat digunakan sebagai pengganti bacaan qunut oleh seseorang yang tidak mengingatnya, menurut pendakwah Indonesia Buya Yahya.

Ia mengklaim bahwa doa-doa hafalan lainnya dapat digunakan sebagai pengganti doa qunut asalkan dicatat dalam bahasa Arab dan berisi doa-doa.

Demikian Penjelasan Ringkas tentang Doa Qunut, Lafazd bacaan Qunut, Macam-macam Doa Qunut, dan Bacaan Qunut. Hadits dan penjelasan riwayatnya juga tercantum di artikel ini. Jadi kamu tidak perlu lagi merasa bingung dan khawatir tentang hal ini.Selain itu, agar kamu tidak terjerumus dalam perdebatan, diharapkan penjelasan ini dapat menambah pengetahuan semua orang, khususnya umat Islam tentang praktek Islam.