Doa Petir dan Artinya
Doa Petir dan Artinya

Doa Petir dan Artinya

Doa petir adalah doa yang dipersembahkan untuk menghindari bencana petir. Petir merupakan salah satu fenomena alam yang ditakuti oleh semua orang. Petir dapat menimbulkan kerugian materi dan kehilangan nyawa. Oleh karena itu, membaca doa petir pun dipercaya dapat menjadi upaya untuk mencegah bencana yang diakibatkan oleh petir.

Doa petir yang biasa dibaca adalah doa yang berasal dari Al-Qur’an, yakni surah Al-Qamar ayat 33-34. Doa petir ini pun populer di kalangan umat Islam Indonesia. Di antara doa petir yang populer adalah doa berikut: “Allahumma antas salam wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram”.

Terjemahan doa petir ini adalah “Ya Allah, Engkau Maha Pemelihara, dan daripada Engkau datang pertolongan. Maha suci Engkau, ya Dzat yang memiliki kemuliaan dan keagungan”. Doa petir di atas dipercaya dapat menjadi perlindungan bagi orang-orang yang mengaminkannya dari bencana yang ditimbulkan oleh petir.

Adapun arti yang terkandung dalam doa petir ini adalah sebagai berikut. Dengan menyebutkan “Allahumma antas salam wa minkas salam”, maka kita memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan dan bencana. Dengan menyebutkan “tabarakta ya dzal jalali wal ikram”, maka kita berseru memuji Allah yang Maha Agung dan Maha Mulia.

Selain itu, doa petir juga dipercaya memiliki kekuatan spiritual. Kekuatan spiritual ini dipercaya dapat menjadi sarana untuk mencegah atau menghindari bencana yang diakibatkan oleh petir. Oleh karena itu, wajib bagi umat Islam untuk membaca doa petir ini setiap hari.

Selain doa petir yang berasal dari Al-Qur’an, ada pula doa petir yang berasal dari hadits. Salah satu doa petir yang berasal dari hadits adalah sebagai berikut: “Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni asaluka mukhlisina laka wa adhina laka wa anzilna laka wa akhlulna laka wa asaluka mukhlisina laka wa adhina laka wa anzilna laka wa akhlulna laka wa a’udzu bika minal bahimati wal hawa i wal qatilati wal maradhi”.

Terjemahan doa petir di atas adalah “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau memuliakan aku, menolong aku, dan menyelamatkan aku. Aku juga memohon agar Engkau memberi perlindungan kepada aku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan, kegilaan, dan penyakit”.

Doa petir yang berasal dari hadits ini dapat digunakan oleh orang yang ingin memohon perlindungan kepada Allah dari segala bencana petir. Doa petir ini pun dipercaya akan sangat efektif dalam mencegah bencana petir.

Kesimpulan

Doa petir adalah doa yang dipersembahkan untuk menghindari bencana petir. Doa petir yang paling populer adalah doa yang berasal dari Al-Qur’an dan hadits. Doa petir ini dipercaya dapat memberikan perlindungan bagi orang-orang yang mengaminkannya dari bencana yang diakibatkan oleh petir. Selain itu, doa petir pun dipercaya memiliki kekuatan spiritual yang dapat melindungi dari bencana petir.