Doa Perjalanan Jauh dan Artinya
Doa Perjalanan Jauh dan Artinya

Doa Perjalanan Jauh dan Artinya

Doa perjalanan jauh adalah doa yang dibaca ketika seseorang akan melakukan perjalanan yang membutuhkan perjalanan jauh. Doa ini dipercaya dapat melindungi si pelaku perjalanan dari berbagai bahaya yang mungkin terjadi selama perjalanan. Selain itu, doa juga diyakini bisa membawa keberuntungan dan keselamatan bagi para pelaku perjalanan.

Doa yang biasa dipakai adalah doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satu doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW adalah doa yang berbunyi: “Allahumma inii as-aluka bi-rahmatika wa-barakatika, wa-kharamta lii, wa-yassir lii, wa-‘aafii lii, wa-fawwaz lii, wa-dzuqnaa haadzihil ‘umrah, wa-dzuqnaa haadzihil qadhaa’im.” Arti dari doa ini adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu rahmat-Mu, kebijaksanaan-Mu, perlindungan-Mu, mudah-Mu, kelapangan-Mu, dan keberuntungan-Mu. Dan kami memohon kepada-Mu untuk menyelesaikan haji ini dengan selamat.”

Doa ini dapat dibaca pada setiap sudut perjalanan yang akan ditempuh. Biasanya, doa ini akan dibaca sebelum perjalanan dimulai dan diulang sampai perjalanan selesai. Selain itu, doa juga dapat dibaca ketika para pelaku perjalanan melewati daerah yang berbahaya atau saat melewati daerah yang tidak dikenal.

Ketika Perjalanan Berlangsung

Selain doa yang dibaca sebelum berangkat, ada beberapa doa yang dapat dibaca ketika perjalanan berlangsung. Doa yang dapat dibaca ketika perjalanan berlangsung adalah “Allahumma antas-samawatil-waliyyil hamd, wa antal-ardil-ghairil haqiqi, wa antash-shamsi wal-qamari wal-qibali wal-baqari wal-‘ayn wal-kursiyyil-mahfudz, wa-‘alaa kulli syai’in qadir.” Arti dari doa ini adalah “Ya Allah, Engkau adalah Tuhan langit dan bumi, Engkau adalah Tuhan yang tidak dapat dicapai, Engkau adalah Tuhan matahari, bulan, angin, tanah, air, dan Kursi yang Maha Tinggi, dan Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Doa yang biasa dibaca ketika perjalanan berlangsung adalah doa yang berbunyi “Allahumma ‘inii as-aluka bifadhlika wa-rizqika wa-‘aafii wa-‘adlika wa-shafii wa-shalawatika ‘alaa Muhammad wa-‘alaa aalihi wa-ashhabihi.” Arti dari doa ini adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu, rezeki-Mu, keselamatan-Mu, keadilan-Mu, kesehatan-Mu, dan shalawat-Mu atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan para sahabatnya.”

Doa Setelah Perjalanan

Selain doa yang dibaca sebelum dan ketika perjalanan berlangsung, masih ada doa yang dapat dibaca setelah perjalanan. Doa yang dapat dibaca setelah perjalanan adalah “Allahumma laa tahrimnaa ajrah, wa laa taftinnaa bi-qadhaa’im.” Arti dari doa ini adalah “Ya Allah, janganlah Engkau haramkan kebaikan-Mu dan janganlah Engkau lupakan janji-Mu.”

Doa ini diyakini dapat membawa berkat bagi para pelaku perjalanan setelah perjalanan selesai. Selain itu, doa ini juga dapat membantu para pelaku perjalanan untuk melupakan penderitaan yang dialami selama perjalanan dan membawa pengalaman positif dari perjalanan.

Kesimpulan

Doa perjalanan jauh adalah doa yang dibaca ketika seseorang akan melakukan perjalanan jauh. Doa ini dipercaya dapat melindungi para pelaku perjalanan dari bahaya yang mungkin terjadi selama perjalanan. Doa ini biasanya dibaca sebelum berangkat, ketika berlangsung, dan setelah perjalanan selesai. Doa ini juga diyakini dapat membawa berkat bagi para pelaku perjalanan dan membawa pengalaman positif dari perjalanan.