Doa Pengantin dan Artinya
Doa Pengantin dan Artinya

Doa Pengantin dan Artinya

Doa adalah suatu tindakan ritual yang masih sering dilakukan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Doa adalah ibadah yang diucapkan oleh seseorang untuk menyampaikan keinginannya kepada Tuhan. Dalam suatu acara pernikahan, doa terutama doa pengantin sangat penting untuk dilakukan. Dengan doa, orang yang menikah bisa mengucapkan rasa syukur dan berharap agar hubungan mereka selalu penuh dengan kebahagiaan. Berikut ini adalah beberapa doa pengantin dan artinya.

Doa Pengantin Islam

Doa pengantin yang pertama adalah doa pengantin Islam. Doa ini biasanya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini dalam bahasa Arab dan berbunyi: “Barakallahu laka wa baraka alik, wa jama’a bainakuma fii khoir”. Artinya adalah: “Semoga Allah memberkahimu dan memberkahi antara kamu berdua dengan kebaikan”. Doa ini selain menyampaikan rasa syukur, juga mengingatkan pasangan pengantin untuk saling berbuat baik dan selalu menghormati satu sama lain.

Doa Pengantin Kristen

Selain doa pengantin Islam, doa pengantin Kristen juga menjadi pilihan bagi pasangan yang beragama Kristen. Doa ini dalam bahasa Inggris dan berbunyi: “May the Lord bless you and keep you, may the Lord make His face to shine upon you and be gracious unto you”. Artinya adalah: “Semoga Tuhan memberkahimu dan melindungimu, semoga Tuhan menyinari wajahmu dan memberi keberkahan kepadamu”. Doa ini menyampaikan rasa syukur dan berharap agar pasangan pengantin mendapatkan keberkahan dari Tuhan.

Doa Pengantin Hindu

Doa pengantin yang ketiga adalah doa pengantin Hindu. Doa ini juga biasanya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini dalam bahasa Sansekerta dan berbunyi: “Agnimilena pratishtaya, shuktaamrutamastu maa vishvah”. Artinya adalah: “Semoga api ini memberi berkat dan semoga kita semua mendapatkan kehidupan yang abadi”. Doa ini menyampaikan rasa syukur dan berharap agar pasangan pengantin mendapatkan berkat dan kehidupan yang abadi.

Doa Pengantin Budha

Doa pengantin yang keempat adalah doa pengantin Budha. Doa ini juga biasanya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini dalam bahasa Pali dan berbunyi: “Sukham jivantam sabba loke, sabba loke sukham jivantam”. Artinya adalah: “Semoga kalian hidup bahagia di seluruh dunia, semoga seluruh dunia dapat hidup dengan bahagia”. Doa ini menyampaikan rasa syukur dan berharap agar pasangan pengantin bisa hidup bahagia di seluruh dunia.

Doa Pengantin Jawa

Doa pengantin yang kelima adalah doa pengantin Jawa. Doa ini juga biasanya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini dalam bahasa Jawa dan berbunyi: “Rikti rikti kawruh, matur nuwun kawruh”. Artinya adalah: “Semoga kalian bahagia dan terhormat”. Doa ini menyampaikan rasa syukur dan berharap agar pasangan pengantin bisa hidup dengan bahagia dan terhormat.

Doa Pengantin Sunda

Doa pengantin yang keenam adalah doa pengantin Sunda. Doa ini juga biasanya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini dalam bahasa Sunda dan berbunyi: “Saputri ku kawin, boh saha anu dianggap”. Artinya adalah: “Semoga pasanganmu selalu dicintai dan dihormati”. Doa ini menyampaikan rasa syukur dan berharap agar pasangan pengantin saling mencintai dan menghormati satu sama lain.

Doa Pengantin Minang

Doa pengantin yang ketujuh adalah doa pengantin Minang. Doa ini juga biasanya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini dalam bahasa Minang dan berbunyi: “Basanyo indak bacinto, basanyo indak binaso”. Artinya adalah: “Semoga kalian saling mencintai dan tidak berpisah”. Doa ini menyampaikan rasa syukur dan berharap agar pasangan pengantin saling mencintai dan tidak pernah berpisah.

Doa Pengantin Batak

Doa pengantin yang kedelapan adalah doa pengantin Batak. Doa ini juga biasanya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini dalam bahasa Batak dan berbunyi: “Haleluya boasa tarpangan, saleleng ni lelengna”. Artinya adalah: “Semoga kalian bisa saling menghormati dan saling mengasihi”. Doa ini menyampaikan rasa syukur dan berharap agar pasangan pengantin saling menghormati dan saling mengasihi.

Doa Pengantin Jepang

Doa pengantin yang kesembilan adalah doa pengantin Jepang. Doa ini juga biasanya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini dalam bahasa Jepang dan berbunyi: “Yorokobi o tsunagu, kizuna o tsunagu”. Artinya adalah: “Semoga kalian saling merasa bahagia dan saling menyatu”. Doa ini menyampaikan rasa syukur dan berharap agar pasangan pengantin saling merasa bahagia dan saling menyatu.

Kesimpulan

Doa pengantin merupakan salah satu doa yang umumnya diucapkan oleh pemuka agama di dalam acara pernikahan. Doa ini berbeda-beda sesuai dengan agama masing-masing. Namun, semua doa pengantin mem