Doa Nikah Bahasa Arab dan Artinya
Doa Nikah Bahasa Arab dan Artinya

Doa Nikah Bahasa Arab dan Artinya

Doa nikah merupakan salah satu doa yang dibaca sebelum seorang suami dan istri menyatakan ikrar nikah. Doa ini menjadi bagian dari ritual yang harus dilakukan sebelum nikah. Melalui doa ini, diharapkan pasangan suami istri mendapatkan berkah dari Allah SWT. Doa nikah biasanya dibaca oleh Imam atau orang yang diangkat sebagai saksi nikah.

Doa nikah berasal dari bahasa Arab, yaitu bahasa asli yang digunakan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, doa nikah yang dibaca saat nikah juga menggunakan bahasa Arab. Berikut ini adalah contoh doa nikah bahasa Arab dan artinya.

Doa Nikah Bahasa Arab

أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لَلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

Arti Doa Nikah

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Penguasa hari pembalasan. Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

Doa nikah di atas adalah salah satu contoh doa nikah bahasa Arab yang dapat dibaca oleh pasangan suami istri sebelum nikah. Doa ini selain dapat memberikan berkah untuk memulai jalan hidup baru, juga dapat menjadi pengingat bagi pasangan suami istri untuk senantiasa berpegang teguh dengan syariat agama demi kebaikan dan kebahagiaan hidup bersama.

Kesimpulan

Doa nikah adalah salah satu doa yang dibaca oleh pasangan suami istri sebelum nikah. Doa nikah bahasa Arab yang dibaca merupakan salah satu bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Doa nikah ini juga dapat memberikan berkah dan petunjuk bagi pasangan suami istri untuk menjalani kehidupan berumah tangga yang bahagia.