Doa Niat Wudhu dan Setelah Wudhu Besaran Artinya
Doa Niat Wudhu dan Setelah Wudhu Besaran Artinya

Doa Niat Wudhu dan Setelah Wudhu Besaran Artinya

Wudhu merupakan salah satu dari rukun islam yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Dalam wudhu, ada beberapa doa yang harus diucapkan sebelum melakukan wudhu dan juga setelah melakukan wudhu. Doa ini harus diucapkan dengan lafadz yang benar agar wudhu kita diterima oleh Allah. Berikut ini adalah doa niat wudhu dan setelah wudhu beserta artinya.

Doa Niat Wudhu

Doa niat wudhu adalah doa yang harus diucapkan sebelum melakukan wudhu. Doa ini berfungsi untuk menunjukkan niat kita melakukan wudhu. Doa niat wudhu adalah sebagai berikut:

“Aku niat melakukan wudhu karena Allah ta’ala”

Artinya, “Aku berniat melakukan wudhu karena Allah, yang Maha Tinggi.” Dengan menyebutkan doa ini, kita menunjukkan bahwa sebenarnya kita melakukan wudhu karena Allah. Hal ini penting supaya kita bisa menerima pahala dari Allah atas wudhu kita.

Doa Setelah Wudhu

Setelah melakukan wudhu, kita diharuskan untuk mengucapkan doa. Doa ini berfungsi untuk menyatakan bahwa kita telah melakukan wudhu dengan sempurna dan juga sebagai tanda syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan-Nya. Doa setelah wudhu adalah sebagai berikut:

“Alhamdulillahilladzi ahyaana ba’dama amaatana wa ilaihin nushoor”

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kehidupan kepada kami setelah kami mati (meninggal) dan hanya kepada-Nya lah kami kembali.” Dengan mengucapkan doa ini, kita menyatakan bahwa kita telah melakukan wudhu dengan sempurna dan juga menyatakan syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan-Nya.

Faedah Melaksanakan Doa Niat Wudhu dan Setelah Wudhu

Mengapa kita harus mengucapkan doa niat wudhu dan setelah wudhu? Berikut ini adalah beberapa faedah yang bisa kita dapatkan dengan melaksanakan doa niat wudhu dan setelah wudhu:

1. Doa niat wudhu dan setelah wudhu adalah bentuk penghormatan kita kepada Allah. Dengan mengucapkan doa ini, kita menunjukkan bahwa kita tunduk kepada perintah Allah dan juga menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan-Nya.

2. Doa niat wudhu dan setelah wudhu adalah cara untuk mengungkapkan kesungguhan kita dalam melaksanakan wudhu. Dengan mengucapkan doa ini, kita menunjukkan bahwa kita benar-benar berniat melakukan wudhu dan juga menyatakan kepada Allah bahwa kita telah melakukan wudhu dengan sempurna.

3. Doa niat wudhu dan setelah wudhu adalah bentuk kepedulian kita terhadap ibadah. Dengan mengucapkan doa ini, kita menunjukkan bahwa kita peduli terhadap ibadah dan juga bersungguh-sungguh melaksanakannya.

Kesimpulan

Doa niat wudhu dan setelah wudhu adalah doa yang harus diucapkan oleh setiap muslim sebelum dan setelah melakukan wudhu. Doa ini penting karena berfungsi untuk menunjukkan kesungguhan kita dalam melaksanakan ibadah, menghormati Allah dan juga menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan-Nya. Dengan mengucapkan doa niat wudhu dan setelah wudhu, kita akan mendapatkan pahala dari Allah atas ibadah kita.

Kesimpulan

Doa niat wudhu dan setelah wudhu adalah doa yang harus diucapkan oleh setiap muslim sebelum dan setelah melakukan wudhu. Doa ini penting untuk menunjukkan kesungguhan kita dalam melaksanakan ibadah, menghormati Allah dan juga menyatakan rasa syukur kita. Dengan mengucapkan doa niat wudhu dan setelah wudhu, kita akan mendapatkan pahala dari Allah atas ibadah kita.