Doa Niat Sholat Tahajud Arab, Latin dan Artinya
Doa Niat Sholat Tahajud Arab, Latin dan Artinya

Doa Niat Sholat Tahajud Arab, Latin dan Artinya

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari, di antara witir dan Isya. Ada beberapa doa yang dapat dibaca sebelum atau sesudah melakukan sholat tahajud, termasuk doa niat sholat tahajud dalam bahasa Arab, Latin dan artinya.

Doa Niat Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab

Doa niat sholat tahajud dalam bahasa Arab adalah “Nawaytu ‘alal-‘ibadillahis-shalihin, Ash-hadu an laa illaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, wa ash-hadu anna muhammadar-rasulullahi sallallahu ‘alaihi wasallam”.

Doa Niat Sholat Tahajud dalam Bahasa Latin

Doa niat sholat tahajud dalam bahasa Latin adalah “Nawaitu ala ibadillahis shalihin, Ash hadu an la ilaha illallahu wahdahu la shareekalahu, wa ash hadu anna muhammadar rasulullah sallallahu alaihi wa sallam”.

Arti Doa Niat Sholat Tahajud

Arti doa niat sholat tahajud adalah “Aku berniat melakukan ibadah kepada Allah dengan cara yang benar. Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah, Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, yang diberkati Allah dan diutus kepada semua manusia”.

Doa Sesudah Sholat Tahajud

Setelah melakukan sholat tahajud, kita dianjurkan untuk membaca doa sesudah sholat. Doa ini dituturkan dengan bahasa Arab sebagai berikut: “Allaahumma laka shalatu was-salamu ‘alika, ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh”. Artinya adalah “Ya Allah, shalawat dan salam atas Engkau, wahai nabi dan rahmat Allah serta keberkatan-Nya”.

Doa Ketika Mendengar Azaan

Selain doa sesudah sholat tahajud, kita juga dianjurkan untuk membaca doa ketika mendengar azan. Doa ini berbunyi “Allaahumma Rabba haazihid-da’wati-ttaammati, was-salaatil-qaa’imati, ati Muhammadanil-wasiiyatal-wusta wa ‘alaa aalihi wa shahbihi haqqa qadrihi wa miqdaarihi”. Artinya adalah “Ya Allah, Tuhan penyeru yang sempurna ini, shalat yang diwajibkan, atas Muhammad, utusan yang terakhir, dan atas keluarga dan sahabatnya, sesuai dengan kemuliaan dan haknya”.

Doa Ketika Menyelesaikan Sholat Tahajud

Selain doa ketika mendengar azan, kita juga dianjurkan untuk membaca doa ketika menyelesaikan sholat tahajud. Doa ini berbunyi “Allaahumma innii as-aluka bi-rahmatika wa ‘ilmika wa qudratika wa qawlika, wa ‘aafiyatika wa ‘izzatika wa jalaalika, an taj’alal-qur-aana rabee’ qalbee wa noor sadree wa jalaa huznee wa thahaabee”. Artinya adalah “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu, pengetahuan-Mu, kekuasaan-Mu, perkataan-Mu, kesehatan-Mu, kemuliaan-Mu, dan kemahakuasaan-Mu, agar Engkau membuat Al-Quran itu menjadi hamba dan cahaya hatiku dan memancarkan kemuliaan wajahku dan keselamatanku”.

Doa Ketika Mengalami Kesulitan

Selain doa ketika menyelesaikan sholat tahajud, kita juga dianjurkan untuk membaca doa ketika mengalami kesulitan. Doa ini berbunyi “Allaahumma innii as-aluka bi-rahmatika wa ‘ilmika wa qudratika wa qawlika, wa ‘aafiyatika wa ‘izzatika wa jalaalika, an taj’alal-qur-aana rabee’ qalbee wa noor sadree wa jalaa huznee wa thahaabee”. Artinya adalah “Ya Allah, aku mohon kepadaMu dengan rahmat-Mu, pengetahuan-Mu, kekuasaan-Mu, perkataan-Mu, kesehatan-Mu, kemuliaan-Mu dan kemahakuasaan-Mu agar Engkau menolongku dari kesulitan yang menimpa diriku ini”.

Doa Agar Diberi Kebahagiaan dan Kekuatan

Selain doa ketika mengalami kesulitan, kita juga dianjurkan untuk membaca doa agar diberi kebahagiaan dan kekuatan. Doa ini berbunyi “Allaahumma innii as-aluka bi-rahmatika wa ‘ilmika wa qudratika wa qawlika, wa ‘aafiyatika wa ‘izzatika wa jalaalika, an taj’alal-qur-aana rabee’ qalbee wa noor sadree wa jalaa huznee wa thahaabee”. Artinya adalah “Ya Allah, aku mohon kepadaMu dengan rahmat-Mu, pengetahuan-Mu, kekuasaan-Mu, perkataan-Mu, kesehatan-Mu, kemuliaan-Mu dan kemahakuasaan-Mu agar Engkau memberiku kebahagiaan dan kekuatan”.

Kesimpulan

Doa niat sholat tahajud adalah doa yang dibaca sebelum melakukan sholat tahajud. Doa ini dapat dibaca dalam bahasa Arab, Latin dan artinya. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sesudah dan sebelum melakukan sholat tahajud, doa ketika mendengar azan, doa ketika mengalami kesulitan dan doa agar diberi kebahagiaan dan kekuatan.