Doa Niat Puasa Beserta Artinya
Doa Niat Puasa Beserta Artinya

Doa Niat Puasa Beserta Artinya

Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim. Puasa memiliki banyak sekali manfaat di dalamnya, baik itu manfaat lahir maupun batin. Sebagai seorang muslim haruslah mengetahui doa niat puasa beserta artinya, agar ibadah puasa yang dilakukan bisa dilakukan dengan benar dan tepat.

Mengapa Perlu Mengetahui Doa Niat Puasa Beserta Artinya ?

Kebanyakan orang menyebut bahwa puasa adalah ibadah yang gampang dan mudah. Namun, tidak semua orang tahu dengan benar cara melakukan puasa. Untuk itu, memahami doa niat puasa beserta artinya sangatlah penting. Dengan memahami doa niat puasa beserta artinya, maka kita bisa mengetahui dengan benar cara melakukan puasa yang baik dan benar. Hal ini akan membuat ibadah puasa kita akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh agama.

Doa Niat Puasa Beserta Artinya Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Doa niat puasa beserta artinya dalam bahasa arab sebagai berikut: “أُصَوِّمُ غَدًا فِي امْرِ إلهِ تَعالى وَنَفْسِي”. Artinya: “Aku berpuasa hari ini karena perintah Allah Ta’ala dan demi diriku sendiri.” Doa niat puasa beserta artinya ini harus dibaca setiap orang muslim yang akan berpuasa. Dengan membaca doa niat puasa beserta artinya ini, maka bisa dipastikan bahwa puasa yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan yang digariskan oleh agama.

Doa Niat Puasa Beserta Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Doa niat puasa beserta artinya dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: “Aku berniat melakukan puasa hari ini, atas kehendak Allah Ta’ala dan demi diriku sendiri.” Artinya sama dengan doa niat puasa beserta artinya dalam bahasa Arab. Doa niat puasa beserta artinya dalam bahasa Indonesia ini mudah dimengerti dan bisa juga dipahami oleh orang yang tidak bisa membaca bahasa Arab. Oleh karena itu, doa niat puasa beserta artinya dalam bahasa Indonesia ini juga sering digunakan oleh umat muslim.

Doa Niat Puasa Beserta Artinya Ketika Berbuka

Selain niat ketika berpuasa, kita juga harus mengetahui doa niat puasa ketika berbuka. Doa niat puasa ketika berbuka adalah sebagai berikut: “Aku membuka puasaku karena kehendak Allah Ta’ala dan demi diriku sendiri.” Doa niat puasa ketika berbuka ini sama dengan doa niat puasa ketika berpuasa, yaitu atas kehendak Allah Ta’ala dan demi diriku sendiri. Dengan membaca doa niat puasa ketika berbuka ini, maka puasa yang dilakukan bisa diselesaikan dengan benar sesuai dengan aturan agama.

Doa Niat Puasa Beserta Artinya Ketika Berbuka Puasa Bagi Anak-Anak

Doa niat puasa beserta artinya ketika berbuka puasa bagi anak-anak juga perlu diketahui. Doa niat puasa ketika berbuka untuk anak-anak adalah sebagai berikut: “Aku membuka puasaku atas kehendak Allah Ta’ala, demi diriku sendiri, atas perintah orang tua dan agama.” Doa niat puasa ketika berbuka untuk anak-anak ini sama dengan doa niat puasa ketika berbuka untuk orang dewasa, hanya saja diakhiri dengan kalimat “atas perintah orang tua dan agama.” Dengan membaca doa niat puasa ketika berbuka untuk anak-anak ini, maka puasa yang dilakukan oleh anak-anak akan diselesaikan dengan benar.

Doa Selesai Puasa

Selain membaca doa niat puasa ketika berbuka, kita juga harus mengetahui doa selesai puasa. Doa selesai puasa adalah sebagai berikut: “Alhamdulillahilladzi ahsana hadzihil-maqaamata lilladzi waadahaa wa aafanii fiimaa razaqtanii”. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesempurnaan pada tempat berbuka puasa dan telah menyelesaikan ibadah puasa saya.” Dengan membaca doa selesai puasa ini, maka puasa yang telah kita lakukan bisa diselesaikan dengan sempurna.

Mendoakan Orang Lain Ketika Berbuka Puasa

Selain membaca doa niat puasa dan doa selesai puasa, kita juga harus mendoakan orang lain ketika berbuka puasa. Dengan mendoakan orang lain ketika berbuka puasa, kita bisa memperoleh pahala yang besar. Selain itu, kita juga bisa menjadi makin dekat dengan orang-orang terdekat kita. Doa yang bisa kita ucapkan ketika berbuka puasa adalah sebagai berikut: “Semoga Allah memberkahi makanan ini untuk mereka, dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada mereka. Allah Maha Pengasih dan Penyayang.” Dengan membaca doa ini, maka kita bisa mendapatkan pahala yang besar.

Kesimpulan

Doa niat puasa beserta artinya merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh umat muslim. Dengan membaca doa niat puasa beserta artinya, maka ibadah puasa yang dilakukan bisa diselesaikan dengan benar sesuai dengan aturan agama. Selain itu, kita juga harus mendoakan orang lain ketika berbuka puasa agar bisa mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.